Sebelum Mengomersilkan Blog, Ini yang Harus Kamu Lakukan

0
448
Sumber : http://projectlifemastery.com/wp-content/uploads/2014/01/how-to-make-money-blogging1.jpg
Sumber : http://projectlifemastery.com/wp-content/uploads/2014/01/how-to-make-money-blogging1.jpg

Blog bukan hanya menjadi sarana aktualisasi diri saja. Selain bisa menyalurkan hobi menulis, ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Bagaimana sih caranya? Namun sebelum itu ada hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Penjelasannya ada dalam artikel ini. Simak baik-baik ya.

Uang yang dihasilkan dari blog bisa dari berbagai macam sumber. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan Google Adsense, kamu bisa meraup keuntungan dari iklan yang terpasang di blogmu. Selain itu, uang yang kamu dapatkan juga bisa dari konten berbayar, kadang ada produk yang khusus minta review dan ‘numpang’ link dalam blogmu.

Sebelum mengkomersilkan blogmu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan seperti berikut ini:

Jangan Copy paste

Pastikan bahwa isi dari blogmu adalah konten yang orisinal. Jangan sampai ada konten yang copy paste. Ini bisa membuat reputasi blogmu memburuk. Jika kamu tidak ada ide dalam menulis konten, jangan dipaksakan dengan copy paste, lebih baik tidak memposting sesuatu. Pastikan bahwa apa yang ada dalam blogmu adalah orisinal buatanmu sendiri.

Jika dalam kasus tertentu kamu mengambil sumber atau tulisan dari orang, sertakan pula sumbernya ya.

Traffic Blog yang Bagus

Sebelum mengkomersilkan blog, tentunya blogmu harus punya traffic atau kunjungan yang bagus. Terlebih jika memasang ikan di blog tapi tidak ada pengunjung yang melihat blogmu. Seperti melakukan hal yang sia-sia. Maka dari itu, sejak awal kamu harus ‘investasi’ dan kerja keras agar kunjungan blogmu terus meningkat.

Untuk urusan traffic yang satu ini, manfaatkan Google Analytics. Dari data Google Analytics ini, kamu bisa mendapatkan berbagai insight untuk meningkatkan traffic ke blogmu.

Domain Berbayar

Kalau kamu punya blog yang ingin kamu komersilkan, pastikan blogmu bukan gratisan. Gunakan domain berbayar seperti .net yang merupakan salah satu TLD terpopuler. Blog dengan domain berbayar tidak hanya membuat blogmu makin kredibel dan punya reputasi yang baik. Kamu juga seolah dituntut untuk menghadirkan konten-konten yang menarik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain image yang bagus, blog dengan domain yang berbayar juga akan diprioritaskan oleh Google pada halaman pencarian. Katakanlah kamu menulis konten yang menargetkan keyword tertentu, kemudian kompetitormu adalah blog dengan domain gratisan, dengan kualitas konten yang sama, tulisanmu akan diprioritaskan oleh Google untuk muncul pada halaman pertama pencarian dengan peringkat terbaik.

Berbekal dari alasan tersebut Muhammad Aga (bit.ly/MUHAMMAD-AGA), Founder Coffeesmith menggunakan domain .net untuk coffeesmithjkt.net untuk menjawab pertanyaannya tentang kopi.

Menurutnya kopi memiliki karakter sendiri. Beda jenis kopi, beda penyeduhan, beda parameter, maka akan beda hasilnya. Lewat website tersebut, Aga berkomunikasi dan mendistribusikan apa yang ia suka ke orang banyak dan membuat identitas Coffeesmith lebih dipercaya orang.

Buat Konten yang Menarik

Untuk mendapatkan traffic yang bagus, pastinya kamu harus membuat konten yang menarik dan orisinal. Bagaimana cara menemukan konten yang menarik? Insight-nya salah satunya bisa kamu temukan dalam Google Analytics, postingan apa saja yang banyak dibaca dalam blogmu. Kamu bisa memelajarinya dan melakukan strategi sehingga dihasilkan konten yang maksimal.

Adanya gambar atau foto pada sebuah postingan itu juga penting, loh! Jangan sampai pembacamu bosan dengan tampilan postinganmu yang full tulisan doang, sehingga buru-buru meninggalkan blogmu. Bikin pembaca betah dan mencari konten lain dalam blogmu.

Sudah melakukan hal-hal di atas? Jika sudah, blogmu sudah siap dikomersilkan. Jika belum kamu harus mempersiapkannya dari awal dengan memiliki domain berbayar terbaik untuk blogmu. Kamu juga bisa cek jawabkenapamudengan.net untuk informasi lengkapnya.