Ini Tips Untuk Memilih Kosmetik Halal

0
71
kosmetik halal
kosmetik halal

Bagi beberapa orang, mungkin harga menjadi prioritas utama saat memilih produk kosmetik. Ada pula yang menjadikan klaim dan kemasan sebagai faktor penentunya. Bagi  sebagian orang lainnya, sertifikasi halal suatu produk menjadi poin paling krusial. Untuk meyakinkan bahwa ini adalah benar-benar kosmetik halal maka cek produknya. Salah satu produk kosmetik yang halal adalah Nameera.

Ingredients dan proses pembuatan produk Nameera yang sangat teliti dan modern membuatnya aman digunakan. Produk ini juga telah mengantongi kode BPOM dan juga sertifikat halal MUI. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi saat menggunakannya pada kulit setiap hari. Ada Tips yang paling dasar dan paling mudah. Apabila Anda memang mencari produk kosmetik yang halal, Anda dapat langsung memilih brand yang memang sudah memiliki sertifikasi halal saja.

Untuk melihat daftar lengkap dan terbaru, Anda bisa langsung mengunjungi laman situs MUI di sini. Bagaimana jika brand yang Anda ingin gunakan tidak terdapat di daftar MUI atau berasal dari luar negeri? Biasanya, tiap brand sudah memiliki situs resmi atau paling tidak media sosial sendiri. Anda bisa memastikannya dengan mengontak brand tersebut melalui email atau media sosial.

Hindari kandungan yang syubhat. Selain memilih produk tanpa kandungan yang sudah pasti diharamkan, Anda juga bisa beralih ke kosmetik halal dengan menghindari kandungan yang syubhat. Apabila produk yang ingin Anda gunakan belum memiliki sertifikasi halal, Anda bisa mengecek daftar ingredients-nya.

Mayoritas kandungan yang sebaiknya dihindari karena diragukan kehalalannya adalah kandungan yang mengandung unsur hewani. Oleh karenanya, Anda bisa meminimalisir kandungan haram dengan memilih brand yang memiliki label cruelty-free, no animal testing, dan vegan.Cruelty free artinya brand tersebut tidak membahayakan atau membunuh hewan untuk bahan atau proses pembuatan kosmetik. 

Untuk cek kosmetik halal  adalah pelajari ingredients, banyak membaca, dan tanyakan langsung pada brand. Sebagian besar pembahasan seputar kosmetik halal bisa Anda temukan pada situs MUI dan beberapa situs lainnya. Termasuk hukum alkohol dalam kosmetik yang bisa Anda baca di sini dan di sini.

Namun, walau situs MUI cukup lengkap, tak bisa dipungkiri kalau terdapat begitu banyak brand kosmetik yang menarik perhatian dan belum memiliki sertifikasi halal. Inilah kenapa Anda sebagai konsumen pun perlu lebih ‘mandiri’ dalam mempelajari kandungan yang ada pada skin care.