Cara Terbaik Mencegah Jerawat di Usia Dewasa

0
616

Mengapa saya masih jerawatan walau sudah diatas 20 tahun?

Pada dasarnya, penyebab jerawat timbul di usia dewasa adalah sama seperti saat di usia remaja yaitu kadar minyak berlebih dan bakteri. Perubahan hormon pun dapat menimbulkan kadar minyak berlebih – katakanlah perubahan hormon yang diakibatkan dari kehamilan dan juga menstruasi.

Jerawat juga umumnya adalah karena faktor keturunan – artinya mungkin satu keluarga pun sangat rentan untuk jerawatan. Jadi lihat tandanya apabila orang tua anda sering kali mengalami jerawatan – anda pun cenderung akan jerawatan pula, bahkan padausia 40 dan seterusnya.

 

Saya sudah sering cuci muka, kenapa masih saja timbulkomedo?

Mencuci wajah anda saja tidak membersihkannya dari komedo atau jerawat. Mengapa demikian? Karena komedo terbentuk dibawah permukaan kulit saat minyak bereaksi dengan air pada pori-pori yang tersumbat. Saat pori-pori tersumbat komedo dan Jerawat di Usia Dewasa bermunculan.

Cuci wajah anda dua kali sehari dan terutama setelah berkeringat. Gunakan pembersih yang milddan air hangat (bukan air panas). Hindari juga mengusap berlebihan padakulit karena umumnya akan menjadikan jerawat menjadi lebih parah.

Make Up yang menyebabkan jerawat

Di usia dewasa wanita umumnya lebih sering menggunakan make up. Namun perlu diketahui make up sangat berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat apabila tidak diatasi dengan benar. Ketahuilah apapun yang anda taruh di wajah memiliki potensial untuk menyumbat pori pori! Gunakanlah produk make up dan perawatan wajah yang bebas minyak. Produk yang memiliki label non-comedogenic atau non-acnegenic dapat membantu mengurangi potensi timbulnya Jerawat di Usia Dewasa.

Anda juga dapat cobagunakan kosmetik berbentukpowder dari pada cream. Apa bila anda tidak ingin menggunakan alas bedak, beberapa dokter kulit merekomendasikan foundation silicone cair yang oil-free, produk produk ini umumnya mengandung dimethiconeataucyclomethicone.

Stres Yang Menyebabkan Jerawat di Usia Dewasa

Stres sebenarnya bukanlah penyebab utama timbulnya jerawat. Namun seringkali yang terjadi adalah kebalikannya – jerawat yang meningkat kantingkat stress anda! Perawatan jerawat yang efektifbahkan membantu mengurangi stress anda.

Namun beberapa studi telah membuktikan bahwa pada sejumlah kecil orang dewasa, stress dapat memperburuk kondisi jerawat. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya hormonsaat stress. Apabila anda meyakini bahwa stres menyebabkan munculnya jerawat, teknik sederhana seperti latihan bernafas yang dalam dapat membantu mengurangi kadar stress. Solusilainnya yang wajib anda coba untukmengurangi kadar stress adalah meditasi atau Yoga.

Lantaspertanyaanberikutnyaadalah…

Apakah saya akan jerawatan seumur hidup?

Kecenderungan untuk jerawatan memang berkurang seiring bertambahnyausia. Studi telah membuktikan bahwa pada usia 44 tahun jerawat berkurang secara drastic dan untuk sejumlah wanita jerawat berakhir saat menopause.

Namun hingga anda sampai pada usia tersebut, untungnya ada berbagai perawatan yang tersedia untuk merawat jerawat di usia dewasa. Kebanyakan orang membutuhkan beberapa kombinasi produk agar masalah jerawat teratasi dengan tuntas. Perawatan umumnya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 12 minggu – tentu perawatan rutin akan mencegah timbulnya jerawatbaru.

cara terbaik untuk merawat jerawat adalah dengan menggunakan krimobat yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid atau alpha-hydroxy acid. Ketiga kandungan ini adalah yang pertama yang dapat anda coba, produk produk yang mengandung bahan-bahantersebut pun sangat umum dan dapat ditemukan di pasaran dengan mudah.

Cara terbaik mencegah jerawat

Pertama, sebisa mungkin hindari menyentuh wajah anda. Tangan kita mengakumulasi bakteri dan kotoran dengan jumlah yang sangat tinggi, selain itu menyentuh kulit wajah andameningkatkan kadar minyak, mengiritasi kulit wajah dan pada akhirnya meningkatkan risiko berkembangnya bakteri pada pori-poriwajah.

Kedua, hindari rambut yang berminyak dari kulit anda. Cari produk perawatan rambut yang bebasminyak, terkadang tidak disadari namun jerawat yang tumbuh disekitar garis rambut umumnya disebabkan karena rambut yang sering menyumbang kotoran dan minyak kepori-pori.

Terakhir, rawatlah kulit anda dengan lembut. Gunakan jarijemari anda saat membersihkan wajah – jangan gunakan waslap ataupun spon saat membersihkan kulit wajah. Gunakan juga pembersih wajah yang berkualitas dan memiliki sifat mengurangi kadar minyak di kulit. Produk yang memiliki kadar pH nya di kontrol pun akan sangat membantu menjaga kelembaban kulit sekaligus menghindari minyak berlebih di kulit.