Terapkan Cara Berbicara yang Baik Terhadap Anak

0
464
cara berbicara yang baik
cara berbicara yang baik

Dalam kehidupannya manusia selalu berhubungan dengan manusia lainnya dengan cara berkomunikasi. Setiap daerah memiliki cara berbahasa yang berbeda, namun ada satu bahasa yang menjadi bahasa pemersatu seperti bahasa Indonesia untuk semua daerah di Indonesia dari beribu bahasa daerah yang ada dan bahasa Inggris bagi bahasa dunia untuk banyak bahasa di dunia.

Namun dalam berbahasa tentunya ada yang namanya keterampilan berbahasa, dan hal tersebut sangat penting dipelajari untuk dapat berkomunikasi secara benar dan lancar. Dari mulai anak-anak, keterampilan berbahasa mesti diterapkan terutama cara berbicara yang baik, karena dalam berbahasa terdapat etika dan kesopanan yang menjadi batas dan aturan supaya dalam berkomunikasi dapat diterima dengan baik satu sama lain.

Dalam berkomunikasi bukan hanya dilakukan dalam bentuk verbal saja, tapi ada juga komunikasi nonverbal. Namun bagi yang memiliki organ komunikasi normal, berbicara adalah cara berkomunikasi yang paling utama. Akan tetapi ada sebuah peribahasa yang menyatakan bahwa lidah tak bertulang, yang artinya kita mesti pintar menjaga pembicaraan yaitu dengan berbicara yang baik dan sopan.

cara berbicara yang baik
cara berbicara yang baik

Hal ini lah yang mesti diterapkan pada anak-anak sebagai generasi di masa depan, karena keterampilan dan etika dalam berbahasa akan berpengaruh terhadap sikapnya di masa yang akan datang. Dari cara berbicara seseorang dapat tercermin kepribadiannya, karena itulah cara berbicara yang baik mesti dilatih dan diterapkan secara dini terhadap anak-anak.

Penerapan cara berbahasa yang baik terhadap anak mesti diawali dari kebiasaan berbicara orang tuanya terlebih dahulu, kemudian lingkungan tempat mereka bermain yag tentunya juga dapat berpengaruh terhadap bahasanya. Akan tetapi berbahasa di lingkungan masyarakat tidak semuanya baik, karena itulah anda mesti mengarahkan anak tentang pemilihan bahasa yang baik untuk berkomunikasi sehingga walaupun mereka bergaul dengan temannya masih tetap menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta tidak terpengaruh bahasa yang tidak baik. Selain itu, berilah mereka nutrisi yang terbaik untuk kecerdasan otaknya seperti yang terkandung di dalam dancow, dengan formula khusus yang baik untuk keterampilan otak anak.