Permainan Untuk Meningkatkan Motorik Anak

0
32
Perkembangan Motorik
Perkembangan Motorik

Usia anak merupakan usia emas dalam perkembangan, salah satunya perkembangan motorik. Untuk meningkatkan motorik anak bisa dilakukan dengan olahraga atau permainan. Ada 5 permainan yang bisa dilakukan, diantaranya; bermain bola, sepeda, memanjat, lari dan renang.

Periode anak-anak merupakan salah satu periode yang cepat dalam perkembangan anak. Banyak hal yang mesti diperhatikan, salah satunya ialah perkembangan motorik anak. Dari beragam cara untuk meningkatkan motorik anak, anda bisa melakukannya dengan cara yang membuat anak senang. Permainan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan secara signifikan motorik anak. Beberapa permainan atau olahraga sejatinya akan mampu dan efektif untuk melatih motorik anak. Berikut 5 permainan atau olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih motorik anak;

  1. Bermain bola. Salah satu yang paling banyak dilakukan dan disenangi oleh anak-anak ialah permainan menggunakan bola. Banyak sekali permainan yang menggunakan bola, apapun jenis permainan yang menggunakan bola, sangat baik untuk perkembangan anak termasuk motorik. Permainan menggunakan bola bisa melatih sensor motorik anak.
  2. Lari. Olahraga sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun. Saat berlari, anda bisa memberinya improvisasi antara garis mulai dan garis selesai. Dengan seperti itu, anak akan semangat dan membayangkan bahwa hal itu seperti halnya perlombaan lari.
  3. Renang. Air merupakan salah satu wahana atau tempat yang begitu disenangi anak. Saat anak anda renang, anda bisa pergunakan bola, pelampung ataupun alat bantu lainnya sehingga anak bisa kesana-kemari bermain dengan bola.
  4. Bermain sepeda. Bersepeda dengan anak bukan hanya menambah kedekatan anda dengan anak, tetapi sebagai salah satu cara untuk melatih motorik anak. Saat bersepeda, ajarkanlah anak untuk mengikuti anda melalui trek yang lurus, berkelok dan sebagainya. Pastikan bahwa anak anda mengikuti rute yang telah anda buat.
  5. Memanjat. Salah satu yang olahraga atau permainan atau olahraga yang bisa dilakukan ialah memanjat. Buatlah trek sederhana di rumah untuk anak memanjat dan pastikanlah keamanannya seperti alasnya. Dengan memanjat, motorik anak akan dilatih secara seimbang.

Dari kelima hal diatas, diharapkan perkembangan motorik anak bisa meningkat dengan cara yang menyenangkan. Jangan pernah sia-sia kan perkembangan pada usia anak-anak. Karena perkembangan periode anak-anak lah salah satu yang paling pesat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here