Tips Aman Menggunakan Digital Banking dari Jenius

0
147

Seiring perkembangan teknologi informatika, melakukan transaksi perbankan menjadi semakin mudah dan praktis, salah satunya dengan digital banking dari Jenius. Pelayanan yang satu ini memang diciptakan untuk nasabah agar lebih mudah melakukan transaksi. Hal ini pastinya sangat berguna bagi anda yang memiliki kesibukan yang padat.

Namun meskipun banyak kemudahan, anda harus lebih berhati- hati dalam menggunakan layanan seperti ini. Karena tidak bisa dipungkiri banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakannya. Untuk itu simaklah tips aman menggunakan internet banking, diantaranya:

digital banking
digital banking
  • Gunakan aplikasi yang resmi

Biasanya untuk pengunduhan aplikasi yang resmi akan dikeluarkan oleh pihak bank yang bersangkutan. Hal ini tentunya lebih menjamin keamanan dalam bertransaksi, karena aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur keamanan khusus yang berbeda dengan peramban. Ketika anda sudah mengunduh aplikasi dari bank, pastikan untuk melakukan sign off secara manual guna mencegah segala kemungkinan.

  • Jagalah password anda

Pada dasarnya password harus dirahasiakan dan anda sebagai pemilik harus menjaganya dengan baik. usahakan jangan memilih rangkaian password yang mudah di tebak. Salah satu kelemahan pengguna internet banking adalah menggunakan password berdasarkan tanggal lahir yang mudah ditebak. Untuk itu gunakan password dengan tingkat kesulitan tertentu dan susah ditebak, namun harus mudah diingat.

  • Hati-hati dengan wi-fi

Tidak sedikit orang yang lebih senang memanfaatkan wifi untuk menggunakan internet secara cuma-cuma. Namun untuk melakukan transaksi internet banking, wi-fi sebaiknya anda hindari. Biasanya jaringan nirkabel yang tersedia untuk publik dapat dimanfaatkan oleh pelaku fraud untuk mencuri informasi dari ponsel anda termasuk informasi perbankan. Akses wi-fi biasa kita dapatkan di tempat umum seperti cafe, restoran, dan lain sebagainya. jika memang anda harus melakukan transaksi, sebaiknya gunakan internet dengan menggunakan aplikasi VPN yang berfungsi untuk mengenkripsi jaringan nirkabel sehingga lebih aman digunakan.

Itulah beberapa tips aman menggunakan internet banking. Untuk itu pilih lah Jenius yang juga memiliki layanan digital banking untuk mempermudah anda melakukan transaksi perbankan.