Langkah Mudah dan Aman Gadai Sertifikat Rumah

0
264
gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Dewasa ini semakin marak tempat atau lembaga keuangan yang menyediakan jasa pembiayaan keuangan dengan jaminan gadai sertifikat. Jaminan gadai sertifikat yang dimaksud dalam tulisan ini adalah sertifikat rumah.

Maraknya tempat penyedia jasa pembiayaan agaknya membuat nasabah harus jeli dalam memilih lembaga keuangan yang tepat. Karena jika salah memilih lembaga keuangan selanjutnya akan berimbas pada kehidupan Anda dan keluarga kedepannya. Berikut ini langkah mudah dan aman gadai sertifikat rumah:

Mengecek Pemasukan dan Pengeluaran Anda

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Sebelum mengajukan aplikasi pinjaman, sebaiknya Anda menghitung terlebih dahulu total pengeluaran selama 1 bulan. Apakah total pendapatan selama 1 bulan dapat memenuhi pengeluaran 1 bulan atau tidak. Hal ini harus dipertimbangkan, sebab nantinya pengeluaran bulanan Anda akan bertambah untuk membayar cicilan pinjaman.

Apabila pengeluaran Anda lebih besar dibandingkan pendapatan Anda maka bisa dipastikan bahwa pengajuan pinjaman Anda tidak akan di ACC. Karena ketika Anda mengajukan aplikasi pinjaman gadai sertifikat rumah, pihak lembaga keuangan akan menentukan layak atau tidak nasabah diberikan pinjaman atau tidak.

Memastikan BI Checking Aman

Bank Indonesia memiliki sistem BI Checking yang mencatat history aktivitas perbankan debitur. Di dalam BI checking terdapat informasi kolektibilitas kredit nasabah, apakah kredit nasabah macet atau tidak. Dengan memiliki history aktivitas perbankan debitur yang bersih dan tidak ada kredit yang macet. Maka kemungkinan aplikasi pinjaman di ACC semakin besar.

Menyiapkan Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung untuk pengajuan aplikasi gadai sertifikat rumah diantaranya adalah:

  1. Mengisi dokumen aplikasi pengajuan pinjaman
  2. Fotokopi Kartu Tanda penduduk
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi akta nikah bagi yang sudah berkeluarga
  5. Fotokopi NPWP
  6. Fotokopi rekening tabungan atau rekening korang (3 bulan terakhir)
  7. Dokumen slip gaji dalam waktu 3 bulan terakhir

Memilih Lembaga Keuangan Terpercaya

Banyak lembaga keuangan yang ada di Indonesia, namun sebaiknya Anda memilih lembaga keuangan terpercaya yaitu BFI Finance. BFI Finance merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbaik dan terpercaya di Indonesia yang sudah terdaftar pada OJK.