Cara Mengetahui Perhiasan Berlian Asli atau Palsu dengan Mudah

0
354
Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Perhiasan berlian kini mulai banyak dikoleksi oleh para wanita. Selain sebagai aksesoris untuk menunjang penampilan, perhiasan berlian juga bisa dijadikan investasi. Pasalnya berlian merupakan batu yang mahal dengan nilai jual yang tinggi. Anda bisa menjualnya kapan saja ketika butuh dana darurat. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli perhiasan berlian asli. Nilainya yang mahal tersebut membuat banyak orang tidak bertanggung jawab membuat barang tiruan atau replika. Akan sangat rugi apabila Anda membeli perhiasan dengan harga mahal namun ternyata barang tersebut palsu.

Untuk menghindari barang palsu maka Anda harus tahu bagaimana cara membedakan yang asli dengan palsu. Anda bahkan bisa membedakannya sendiri tanpa bantuan para ahli di bidang berlian. Berikut ini adalah cara membedakannya:

Menggunakan Tes Embun

Tes embun juga dikenal dengan fog test merupakan pengujian keaslian berlian yang paling mudah dan paling aman. Cara melakukan pengujian yaitu dengan meletakkan berlian di depan mulut, lalu hembuskan napas ke arah berlian tersebut seperti Anda menghembuskan napas ke cermin. 

Ingatlah bahwa berlian asli merupakan konduktivitas panas yang baik. Jadi setelah dilakukan tes embun, tidak akan ada sisa embun pada berlian. Sebaliknya embun pada berlian palsu akan bertahan lebih lama.

Menggosok dengan Amplas

Cara ini mungkin sedikit berisiko bagi sebagian dari Anda karena bisa merusak kualitas berlian. Namun perhiasan berlian asli merupakan batu paling keras sehingga kualitasnya tetap baik meskipun terkena benturan ataupun gosokan dari amplas. Sedangkan berlian palsu biasanya berbahan cubic zirconias sehingga mudah tergores jika digosok dengan amplas.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Menguji Menggunakan Mikroskop

Mikroskop merupakan alat terbaik untuk mengamati kualitas berlian yang Anda beli. Mikroskop untuk mengamati berlian lebih dikenal dengan loupe. Anda bisa mendapatkan barang ini di toko perhiasan terdekat. 

Anda harus cermat mengamati setiap detail berlian tersebut. Berlian asli pada umumnya memiliki tepi yang cukup tajam, sedangkan berlian palsu terlihat lebih bulat. Selain itu, berlian palsu biasanya hanya memiliki sedikit kilauan berwarna jingga pada sepanjang faset-nya. 

Memanaskan dengan Api

Sebagai batu paling keras, berlian asli tidak akan rusak hanya dengan terkena api saja. Oleh sebab itu, Anda bisa menguji keasliannya dengan mencoba memanaskan berlian. Langsung saja panaskan berlian selama kurang lebih 30 detik saja. 

Selanjutnya masukkan perhiasan ke dalam air bersuhu dingin. Berlian asli yang kuat tidak akan pecah dan tetap utuh, sementara berlian palsu mengalami pengembangan sehingga beberapa bagian akan retak.

Perhatikan Bayangan Berlian

Cara terakhir untuk mengetahui keaslian berlian yaitu dengan memperhatikan bayangannya. Bayangan dari berlian asli ternyata memiliki dua pantulan warna saja yaitu abu-abu dan puti. Sedangkan pantulan berlian palsu lebih berwarna seperti pelangi. 

Cara mengetahui bayangan berlian yaitu dengan melihat lurus dari bagian atas. Hindari pantulan berwarna pelangi jika tidak ingin mendapatkan berlian palsu atau berkualitas rendah.

Itulah cara mengetahui perhiasan berlian asli atau palsu yang bisa Anda ikuti. Selain cara di atas, cara termudah untuk mendapatkan perhiasan berlian yang asli yaitu dengan membeli di toko perhiasan terpercaya. Anda bisa memilih toko perhiasan Mondial Jeweler yang terbukti kredibilitasnya.

Brand perhiasan yang terdiri dari Mondial dan Miss Mondial ini menyediakan perhiasan berlian lengkap dan asli. Beberapa jenis perhiasan yang bisa Anda beli mulai dari cincin wanita, kalung, liontin, gelang, cincin tunangan, hingga cincin nikah. Penasaran dengan koleksi Mondial dan Miss Mondial? Anda bisa langsung mengunjungi website mondialjeweler.com.