Cara Memilih Colocation Server dengan Benar

0
81

Colocation server merupakan tempat khusus yang menyediakan layanan penyimpanan atau penitipan server pada sebuah data center. Layanan ini memiliki standar keamanan fisik dan infrastruktur khusus sehingga sangat baik digunakan untuk menyimpan server agar terhindar dari berbagai macam kejahatan cyber. Terutama bagi sebuah perusahaan dimana server merupakan salah satu aset penting, menjaganya dengan baik merupakan hal yang wajib dilakukan. Akan ada banyak kerugian jika server berhasil dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Inilah Cara Memilih Colocation Server Terbaik

Banyaknya perusahaan penyedia data center yang menyediakan layanan colocation server membuat Anda harus pintar-pintar dalam memilihnya. Jika salah memilih penyedia, bukan tidak mungkin Anda malah akan dirugikan. Untuk itu, sebaiknya Anda mengikuti cara berikut ini untuk mendapatkan penyedia data center dengan layanan terbaik:

  1. Tentukan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan karena masing-masing perusahaan atau individu memiliki kebutuhan yang berbeda. Kebutuhan yang Anda tentukan juga akan mempengaruhi biaya yang nantinya akan dibayarkan. Jika Anda bisa menentukan kebutuhan dengan benar maka tidak akan ada pemborosan biaya.

  • Cari Penyedia Layanan

Setelah menentukan kebutuhan, selanjutnya cari penyedia layanan melalui internet. Ada cukup banyak penyedia layanan yang bisa Anda pilih. Jadi pilih beberapa penyedia dengan reputasi terbaik untuk dipertimbangkan. Penyedia layanan dengan reputasi baik menjamin kualitas layanan yang mereka berikan. Mereka menjaga reputasi baik yang dimiliki sehingga mengutamakan kepuasan pelanggan dalam pelayanannya. Selain mencari penyedia melalui internet, Anda juga bisa minta rekomendasi dari teman terdekat atau kenalan lain. Kenalan yang sudah pernah menggunakan layanan penyedia colocation server biasanya memiliki rekomendasi yang akurat.

  • Pilih Penyedia dengan Keamanan yang Tinggi

Karena server merupakan aset yang sangat penting maka Anda harus memilih jasa yang menawarkan keamanan tingkat tinggi. Server dengan keamanan tinggi akan meminimalisir terjadinya masalah yang dapat merugikan Anda atau perusahaan. Server yang bermasalah membuat pekerjaan yang seharusnya dapat selesai menjadi terbengkalai. Anda harus memilih penyedia yang menawarkan keamanan tinggi agar terhindar dari berbagai masalah yang mungkin terjadi.

  • Pilih Penyedia dengan Stabilitas Jaringan yang Baik

Selain keamanan, Anda juga harus memilih penyedia colocation server dengan stabilitas jaringan yang baik. Stabilitas berpengaruh pada layanan yang akan diberikan ke konsumen. Dengan jaringan yang stabil maka layanan akan mudah diakses sehingga disukai konsumen. Jangan lupa juga untuk memilih penyedia dengan koneksi internal dan eksternal yang baik. Koneksi internal dan eksternal berpengaruh pada operasional perusahaan Anda. Tidak semua penyedia menawarkan koneksi internal dan eksternal yang baik sehingga Anda harus teliti saat memilih. Lakukan perbandingan pada beberapa penyedia agar menemukan penyedia terbaik yang dapat membantu meningkatkan kelancaran operasional.

  • Pilih Penyedia dengan Harga Terjangkau

Meskipun bukan hal utama, harga juga harus Anda pertimbangkan ketika memilih penyedia jasa. Pasalnya dengan biaya terjangkau maka perusahaan Anda dapat menghemat anggaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Namun, Anda tidak boleh mengutamakan harga tanpa melihat layanan yang diberikan. Jadi selalu perhatikan layanan terlebih dahulu sebelum harganya. Pilih jasa dengan harga terjangkau dan layanan terbaik melalui beberapa perbandingan.

Dengan adanya layanan colocation server, Anda tidak perlu bersusah payah membuat rak sendiri yang tentu saja membutuhkan biaya besar. Anda hanya perlu mencari penyedia terbaik dan berkualitas. Rekomendasi penyedia data center terbaik yang bisa Anda pilih adalah Nex Data Center. Kunjungi website-nya berikut ini NEX untuk informasi lengkap.