Manfaat Madu untuk Kesehatan

0
253
Madu
Madu

Madu, pastinya nama itu sudah tidak asing di telinga kita, selain mudah di dapatkan madu juga mempunyai rasa yang manis, bau yang enak, dan sangat bermanfaat bagi manusia.

Ternyata madu juga bisa di pakai sebagai obat tradisional, bahkan di dalam Kitab Suci Al-Qur’an pun menyatakan bahwa madu dari lebah bisa menjadi obat untuk manusia sejak dulu sekitar 1.400 tahun yang lalu.

menurut penjelasan Kitab Suci Al-Qur’an

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada Lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon, dan tempat-tempat yang di buat oleh manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari setiap/macam-macam buah-buahan dan tempuhlah jalan dari Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (Madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang bisa “menyembuhkan bagi manusia”. Sesugguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkannya [QS. An-Nahl: 68-69].

Tentu kita tidak perlu ragu lagi akan manfaat dari Madu lebah tersebut, karna itu sudah turun-temurun dari leluhur kita.

Berikut manfaat dari Madu:

Bisa mengobati bekas luka dan borokan karena Madu mengandung Glukosa dan enzim, atau oksidase glukosa adalah zat yang bersifat antiseptik yang sangat kuat. Untuk membuat Madu menjadi aktif dan dapat mengurangi glukosa madu memerlukan lingkungan pH 5,5-8,0, pH madu murni berkisar 3,2 atau 4,5 itu terlalu rendah untuk bisa mengaktifkan enzim, karna kulit dan cairan tubuh memiliki pH yang relatif tinggi dan banyak mengandung natrium sehingga dapat memberi kondisi yang tepat untuk bisa membantu pembentukan hidrogen peroksida.

Enzim, serbuk sari , dan propolis yang terkandung pada madu serta vitamin dan mineral dalam madu tersebut dapat merangsang pertumbuhan jaringan pada tubuh. Bila madu tersebut digunakan pada luka bakar atau terkena benda panas, madu akan terseebut akan mempercepat penyembuhan luka bakar dan dapat mengurangi jumlah jaringan parut.

Menghaluskan kulit dengan madu karna madu mengandung asam glukonat dan asam organik yang ringan dan lainnya yang terdapat dalam madu tersebut dapat melonggarkan ikatan pad sel-sel kulit mati sehingga bisa mempercepat regenerasi kulit, garis penuaan, mengurangi keriput, meningkatkan elastisitas kulit, dan menyeimbangkan minyak pada wajah, meningkatkan elastisitas kulit dan madu juga mengandung gula dan jenis asam amino yang membantu dapat mempertahankan kelembaban pada kulit.

Madu itu sangat efektif untuk melancarkan pernapasan. Menurut sebuah studi di Bulgaria hampir 18.000 pasien berpenyakit  bronkitis, bronkitis asmabronkitis kronis, alergi dan rinitis kronis, menemukan bahwa madu dapat membantu mengatasi penyakit-penyakit tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here