Prospek Kerja Teknik Informatika yang Harus Diketahui

0
49
prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Jurusan teknik informatika hingga saat ini masih tetap menjadi pilihan banyak orang. Jurusan tersebut tergolong sangat banyak sekali dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Bisa dikatakan, prospek kerja teknik informatika terbilang cerah. Itulah salah satu alasan jurusan ini paling banyak dipilih saat ini.

Selain itu, jurusan tersebut saat ini sudah ada hampir di seluruh universitas. Bagi Anda yang ingin tahu prospek kerjanya, berikut akan kami paparkan beberapa bidang pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan teknik informatika.

1. Bekerja di Bidang Pendidikan IT

Anda bisa menjadi seorang pengajar di bidang IT, atau guru. Anda bisa memberikan pelajaran kepada murid terkait bidan IT yang sudah Anda kuasai. Ada banyak sekolah, maupun universitas, yang membutuhkan pengajar di bidang IT.

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

(source:https://sevima.com/wp-content/uploads/2019/02/Programmer.jpg)

2. Seorang Mobile Programmer

Saat ini, aplikasi mobile banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan maupun instansi. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda yang saat ini telah lulus dalam bidang tersebut. Banyak perusahaan yang membutuhkan kemampuan tersebut.

Bahkan, Anda juga bisa menjadi seorang freelancer yang menggarap proyek perusahaan maupun instansi. Kesempatan untuk menjadi seorang mobile programmer tergolong luas dan banyak dibutuhkan.

3. Menjadi Seorang Konsultan IT

Seorang lulusan teknik informatika akan paham tentang pemahaman teori dan teknologi. Selain itu, memiliki pemahaman juga dalam basis komputer. Dengan begitu, Anda juga bisa menjadi seorang konsultan IT. Layanan ini banyak dicari seiring dengan teknologi komputer yang kian berkembang dan banyak digunakan.

4. Seorang Game Developer

Perkembangan game di dunia sudah semakin pesat. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang bergelut dalam bidang game developer. Bagi Anda yang memiliki bakat, skill, dan passion dalam bidang ini, bisa juga dijadikan pilihan. Selain itu, prospeknya pun tergolong bagus.

SDM di bidang yang satu ini masih tergolong jarang. Artinya, persaingannya pun tidaklah ketat. Anda bisa mendapatkan peluang untuk bekerja di bidang ini dengan cara yang tergolong mudah.

5. Software Tester

Pekerjaan ini berkaitan dengan pengujian sebuah perangkat lunak. Seorang software tester memiliki peran penting untuk memastikan perangkat lunak bisa dijalankan sesuai dengan harapan.

Pekerjaan ini menuntut Anda untuk bertanggung jawab atas semua fungsi pada software yang telah dibuat agar bisa berjalan dengan baik.

6. Software Engineer

Pekerjaan di bidang ini menuntut Anda untuk bisa membuat berbagai perangkat lunak untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tujuannya untuk mendukung perkejaan-pekerjaan lainnya.

Seorang software engineer memiliki peran penting di dalam membangun sebuah perangkat lunak.

7. Komputer Jaringan

Bidang ini umumnya bergerak di dalam sebuah perencanaan rancangan arsitektur, serta pembangunan jaringan. Peranannya sangat besar sekali dalam pengelolaan, dan perawatan jaringan untuk perusahaan maupun instansi.

Biasanya bidang ini sangat berkaitan erat dengan jaringan internet. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang terkait, cocok sekali untuk mengembangkan bakat Anda.

8. Seorang Database Administrator

Pekerjaan ini memiliki peran khusus. Peranannya yaitu bertugas dalam pengembangan maupun perawatan basis data. Meski terlihat ringan, namun memiliki tanggung jawab yang terbilang besar.

Perawatan dan pengembangan basis data, sangat dibutuhkan di dalam manajemen sebuah perusahaan maupun instansi. Lulusan di bidang teknik informatika, memiliki kesempatan untuk bekerja di dalam bidang tersebut.

Nah, itulah berbagai prospek kerja teknik informatika setelah lulus nanti. Selain berbagai bidang di atas, masih ada beberapa bidang lain yang juga bisa Anda pilih. Di atas hanya beberapa di antaranya saja. Hingga saat ini, lulusan di bidang teknik informatika masih dibutuhkan. Bagi yang berminat, IDS Digital Collage membuka pendaftaran fakultas tersebut untuk Anda.