Hindari Beberapa Hal Ini Jika Kamu Ingin Ekstensi D3 ke S1

0
167
ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Ketika lulus Sekolah Menengah Atas atau setingkatnya kamu mungkin dibingungkan dengan mengambil jenjang pendidikan, ada yang memutuskan untuk mengambil jenjang pendidikan diploma 3 (D3) namun ada juga yang memutuskan untuk mengambil jenjang strata 1 (S1). Bagi kamu yang memutuskan untuk mengambil jenjang D3 dan merasa memerlukan untuk melanjutkan ke jenjang S1 maka tidak perlu khawatir karena jenjang pendidikan D3 yang kamu ambil dapat memiliki akses

Untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Ekstensi D3 ke S1 memang banyak dipilih dengan berbagai macam alasan, baik alasan pribadi maupun alasan dari tempat kamu bekerja yang mengharuskan karyawannya untuk memiliki ijazah minimal S1.

ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Apapun alasan yang mengharuskan kamu melanjutkan ke jenjang S1, terdapat beberapa hal yang perlu kamu hindari ketika kamu memutuskan untuk ekstensi. 

Secara umum berikutĀ  3 hal yang perlu kamu hindari ketika kamu ekstensi kuliah D3 ke jenjang S1:

1. Hindari Memilih Program Studi yang Berbeda

Ekstensi memiliki arti perpanjangan, itu berarti bahwa kamu melanjutkan apa yang sudah kamu pelajari pada saat mengambil jenjang pendidikan D3. Untuk itu hindari memilih jurusan yang berbeda dengan yang sudah kamu ambil.

Mengambil program studi yang berbeda sama saja kamu mengulang dari awal, karena kamu harus mengambil materi-materi dari yang paling dasar. Hal tersebut tentu akan lebih banyak menghabiskan waktu dibandingkan dengan ekstensi D3 ke S1 denganĀ  program studi yang linear.

Karena apabila program studi yang kamu ambil linear, maka kamu yang perlu mengambil mata kuliah yang belum kamu ambil, sehingga waktu yang kamu tempuh untuk mendapatkan gelar S1 akan lebih cepat.

2. Hindari Membuang-Buang Waktu Untuk Hal yang Tidak Terlalu Penting

Bagi kamu yang melanjutkan kuliah dari jenjang D3 ke jenjang S1 dikarenakan tuntutan dari tempat kamu bekerja, maka mau tidak mau kamu harus tetap melanjutkan kuliah tetapi juga tidak meninggalkan pekerjaan kamu.

Untuk itu agar dapat mengefesienkan waktu maka sebaiknya kamu fokus pada hak-hal yang penting saja. Hal ini penting karena dapat berpengaruh pada manajemen waktu.

Menjalani perkuliahan sembari bekerja tentu bukanlah hal yang mudah. Dengan menghindari membuang-buang waktu untuk hal yang tidak terlalu penting akan membantu kamu untuk dapat menyelesaikan kuliah tetapi pekerjaan juga dapat terselesaikan dengan rapih setiap harinya.

3. Hindari Memilih Perguruan Tinggi Secara Sembarangan

Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan program bagi lulusan D3 untuk melanjutkan ke jenjang S1. Banyaknya perguruan tinggi tersebut tentu dengan tingkat kredibelitas yang berbeda-beda.

Perguruan tinggi yang berkualitas akan memiliki kurikulim serta sistem belajar yang akan menunjang mahasiswanya untuk berkembang baik dalam kemampuan skill maupun dalam pengetahuan teori. Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkan perguruan tinggi mana yang akan kamu pilih untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1.

Jika kamu berencana melanjutkan kuliah ke jenjang S1 pada bidang IT maka kamu dapat memilih Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (STMIK IDS Digital College) dengan pendekatan Real World Project yang akan membuat kamu siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait ekstensi D3 ke S1, kamu bisa mendapatkannya dengan kontak langsung pihak kampus disini