Sumber: pinterest.com

Lupakan sejenak merek-merek nama motor seperti Yamaha, Kawasaki, Suzuki, atau Honda. Sekarang kita bakal bernostalgia dengan motor-motor jadul yang cukup familiar di telinga kita dan pernah menjamuri jalanan di tanah air tercinta ini. Mungkin diantara kalian pernah punya salah satu motor jadul yang pernah booming di Indonesia ini?

  1. Norton ES2

Sumber: youtube.com

Norton ES2 ini pertama kali muncul di Indonesia pada era 90an. Saat itu, sepeda motor ini dihadirkan langsung dari Inggris, negara asalnya. Motor Norton ES2 ini awalnya dirancang untuk kendaraan sport. Kelebihan pada sepeda motor yang sempat booming di Indonesia ini adalah tangguh di jalanan, mudah dalam maintenance, serta memiliki desain tradisional yang sangat unik.

2. JAWA 250 Zeispan

Sumber: pinterest.com

Merek motor satu ini sangat populer di tanah air. JAWA merupakan brand asal Cekoslovakia. Sebetulnya ada berbagai model yang dibuat JAWA, akan tetapi salah satu yang pernah hits di Indonesia adalah versi JAWA 250 Zeispan. Sepeda motor ini sukses diekspor ke berbagai negara dan berbekal air-cooled, mesin 2 stroke, kapasitas 249cc, dan silinder tunggal. Motor ini menjadi buruan para kolektor, bahkan harga pada JAWA 250 Zeispan ini bisa tembus hingga puluhan juta rupiah.

3. SACHs Hada

Sumber: idntimes.com

Sekarang ini, SACHS mungkin lebih hits sebab hubungan kerja sama dengan Minerva yang sukses menghasilkan model semacam Minerva RX150 dan Minerva Naked 250. Tapi sebelum itu, brand ini pernah mengusung model Hada yang merupakan motor bebek di era 80an. Motor ini didesain cukup unik dan sekilas mirip seperti sepeda kayuh. Body yang dimilikinya pun cenderung kaku dan bagian tangkinya berada di dekat pijakan kaki serta setang.

4. Ducati Luxor

Sumber: otomotif.okezone.com

Sepeda motor ini sebetulnya tidak bisa dikatakan motor tulen sebab masih menggunakan sepasang pedal yang mirip seperti sepeda kayuh. Walaupun begitu, pabrikan Italia telah menggunakan mesin tipe 4 tak dengan komponen noken as, berkapasitas 50cc yang bisa dibilang sudah maju pada eranya. Ducati Luxor ini juga sempat wara-wiri di jalanan Indonesia pada dekade 50-an. Dan kini, sepeda Ducati Luxor menjadi  buruan para kolektor yang harganya bisa menembus hingga ratusan juta rupiah.

5. Biemme BMC

Sumber: idntimes.com

Biemme BMC ini merupakan salah satu sepeda motor yang berasal dari Italia dan pernah merajai jalanan Jakarta di era 70an. Sepeda motor ini mempunyai desain ala scramble, tapi dengan body yang lebih mungil. Keunikan pada motor ini berada di bagian setang yang agak tinggi. Sedangkan di bagian jantung pacu, motor ini mengusung mesin berkapasitas 50cc.

6. Puch 250 SGS

Sumber: youtube.com

Motor buatan Steyr Daimler Puch asal negara kanguru ini sempat hits di Indonesia pada era 60an. Mengusung desain scramble dengan model sport, Puch 250 SGS ini punya tampilan yang cukup antik dengan jok yang seperti berayun, lampu depan bentuk bulat, dan juga setang yang cukup rendah. Pada sektor jeroan, Puch 250 SGS ini dibekali mesin 2 tak, air cooled, silinder tunggal dan berkapasitas 248cc.

7. Peugeot Bhama

Sumber: idntimes.com

Selain piawai dalam membuat mobil-mobil berkualitas, Peugeot juga punya banyak sepeda motor yang sangat mumpuni dan salah satunya adalah model Bhama. Pertama kali dibuat pada tahun 1972, sepeda motor ini kemudian muncul di Indonesia oleh Astra Group sepuluh tahun berselang. Peugeot Bhama ini mengusung desain yang sangat kompak dan juga sistem hybrid.

Meski motor-motor ini jadul, akan tetapi masih banyak para kolektor barang antik yang memburunya bahkan dihargai dengan harga yang sangat fantastis, lho.