Perkembangan Bahasa pada Anak

0
33
fase perkembangan anak
fase perkembangan anak

Komunikasi sangat penting dalam keluarga. Termaksud komunikasi efektif dengan si Kecil harus dapat dipahami oleh Mam dan Pap. Fase perkembangan anak akan berjalan dengan cepat seiring dengan pertumbuhannya. Termaksud cara berkomunikasi yang baik sangat penting untuk si Kecil dapat beradaptasi dengan lingkungannya. 

Komunikasi pada usia dini lebih mudah daripada saat mereka beranjak remaja. Oleh karena ituu, Mam dan Pap dapat mengetahui kateristik bahasa pada anak usia 0-6 tahun, sebagai berikut:

  • Usia 0-1 Tahun : 

Pada fase perkembangan anak ini, si Kecil hanya dapat mengeluarkan suara arau bunyi-bunyian yang tidak berbentuk bahasa dan orang dewasa tidak dapat memahaminya. Si Kecil amat senang meniru suara atau bunyi-bunyi dari orang yang mengajaknya berbicara dan hanya dapat memahami apa yang dibicarakan orang dewasa. Lalu, si Kecil akan membalasnya dengan senyuman atau matanya melebar. 

Pada usia ini, si Kecil sudah mulai dapat menyebutkan kata-kata sederhana seperti Mam atau Pap. Menjelang usia satu tahun, si Kecil mulai mengetahui beberapa kata sederhana dan seiring bertambahnya usia akan meningkat.

  • Usia 1-3 Tahun :

Pada usia ini, si Kecil sudah mulai muncul rasa penasarannya dan menanyakan semua kepada orang dewasa, seperti “Apa itu?”. Sudah mulai memahami tata bahasa secara sederhana, seperti “aku mau minum susu”. Si Kecil pun sudah dapat menghafal kata-kata untuk keseharian dan merangkainya dalam kalimat yang biasa dibicarakan orang dewasa.

  • Usia 3-6 Tahun :
fase perkembangan anak
fase perkembangan anak

Saat si kecil mencapai usia ini, ia sudah dapat menggunakan kata-kata yang rumit, sepert “Mam aku ingin makan kue, tidak ingin makan nasi.” Si Kecil sudah dapat menyampaikan maksud, keinginan, serta dapat mengutarakan perasaannya kepada orang lain. Kosa kata yang dimilikinya juga bertambah.

Si Kecil pun sudah dapat menanyakan hal-hal yang bersifat sebab-akibat, seperti “Kenapa kalau aku makan permen bisa sakit gigi?”
Itulah beberapa fase perkembangan bahasa pada anak. Setiap anak memiliki kemampuan sendiri-sendiri, hal diatas tidak dapat menjadi panduan yang kaku. Ada anak yang sudah lancar berbicara pada umur 3 tahun ada yang masih belum dapat berbicara lancar pula.