Tips Mengatur Pola Tidur Sehat Pada Anak

0
41
Wyeth
Wyeth

Setiap tahapan usia anak membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Anak balita pada umumnya membutuhkan waktu tidur sebanyak kurang lebih 11-14 jam. Di antaranya yaitu 9-12 jam waktu tidur malam dan 2 jam waktu tidur siang.

Sedangkan anak di usia sekolah membutuhkan jam tidur sebanyak kurang lebih 10-11 jam di mana 2 jam adalah tidur siang. Waktu tidur tersebut harus berkualitas agar si Kecil bisa mendapatkan manfaat dari tidur. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Mam ikuti untuk mengatur pola tidur sehat si Kecil:

Buat Jadwal Tidur yang Teratur

Mam tidak harus menunggu si Kecil mengantuk terlebih dahulu untuk menyuruh mereka tidur. Pola tidur yang baik adalah menerapkan jadwal tidur yang sama setiap hari. Bahkan sebelum si Kecil mengantuk, mereka harus tidur jika sudah waktunya. 

Terlambat tidur ternyata bisa menyebabkan si Kecil bertambah lelah sehingga lebih sulit untuk terlelap. Atur kegiatan dengan baik agar tidak mengganggu tidur malam mereka. Sebagai contoh yaitu berhenti menonton televisi 1 jam sebelum tidur, tidak menggunakan gadget, dan lain sebagainya.

Wyeth
Wyeth

Buat Kamar Menjadi Nyaman

Tips mengatur pola tidur sehat selanjutnya yaitu menyediakan kamar yang nyaman untuk anak. Bukan hanya peralatan tidurnya saja yang nyaman namun juga suasananya harus nyaman. Kamar yang nyaman tersebut bisa mendorong si Kecil untuk mudah terlelap.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat suasana tidur nyaman yaitu menyalakan musik lembut, menggunakan lampu yang redup, menggunakan pendingin ruangan, menyelimuti mereka, dan lain sebagainya. Jangan lupa gunakan kasur dan bantal yang nyaman untuk si Kecil.

Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Rutinitas sebelum tidur ternyata juga memengaruhi kualitas tidur si Kecil. Beberapa anak bahkan bisa terlelap dengan nyaman karenanya. Beberapa rutinitas yang sering diterapkan oleh para Mam yaitu mencuci kaki, menggunakan piyama, gosok gigi, mendengarkan musik, membaca cerita, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan terkadang bisa menjadi lullaby bagi si Kecil sehingga mereka mengetahui bahwa sudah saatnya untuk tidur.

Itulah berbagai tips yang bisa Mam ikuti untuk mengatur pola tidur sehat bagi si Kecil. Apabila si Kecil mendapatkan tidur berkualitas maka mereka bisa mendapatkan manfaat dari tidur. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan.

Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MultiexcelTM αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.