Stunting Pada Anak Bisa disebabkan Oleh Berbagai Hal Berikut

0
20
stunting
stunting

Orang tua mana yang tidak sedih bila mendapati sang buah hatinya mengalami stunting atau gagal pertumbuhan. Untuk itu agar bisa mencegah terjadinya permasalahan pertumbuhan pada anak ini, sejatinya anda mengetahui berbagai informasi mengenai gagal pertumbuhan pada anak ini. 

Sebagai permulaan, anak yang terkena permasalahan stunting atau gagal tumbuh kembang ini, biasanya bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki tubuh pendek dari anak lain yang seusianya
  • Pertumbuhan tinggi badan yang terlihat melambat
  • Pertumbuhan pada gigi yang terlambat
  • Kemampuan focus dan belajarnya yang kurang
  • Berat badan yang cenderung terlihat menurun
  • Sikecil mudah terkena berbagai serangan penyakit infeksi
  • Anak cenderung terlihat lebih pendiam dari teman seusianya, dan tidak banyak melakukan kontak mata dengan orang yang ada disekitarnya
  • Terhambatnya perkembangan tubuh anak, seperti misalnya telat menstruasi pertama pada anak perempuan. 

Sementara untuk berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan stunting pada anak ini, bisa anda simak sebagai berikut:

  • Asupan gizi yang kurang selama proses kehamilan

Terjadinya permasalahan gagal pertumbuhan pada si kecil, nyatanya bisa bermula dari selama dalam kandungan. Yang dimana, jika ibu hamil kekurangan asupan gizi yang berkualitas, maka akan mengakibatkan sikecil kekurangan asupan nutrisi.

Dengan demikian karena faktor malnutrisi pada bayi yang tengah dalam kandungan ini, bisa berimbas pada terhambatnya pertumbuhan si kecil ketika sudah lahir, dan bisa terus berkelanjutan sehingga ia dewasa kelak bila anda tidak segera tindak lanjuti.

Adapun berbagai asupan penting bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya permasalahan gagal pertumbuhan pada anak ini, adalah diantaranya ada berbagai jenis sayuran, buah-buahan, ikan, telur, daging, kacang, biji-bijian, susu, yoghurt, keju, dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Dengan demikian karena faktor malnutrisi pada bayi yang tengah dalam kandungan ini, bisa berimbas pada terhambatnya pertumbuhan si kecil ketika sudah lahir, dan bisa terus berkelanjutan sehingga ia dewasa kelak bila anda tidak segera tindak lanjuti. Adapun berbagai asupan penting bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya permasalahan gagal pertumbuhan pada anak ini, adalah diantaranya ada berbagai jenis sayuran, buah-buahan, ikan, telur, daging, kacang, biji-bijian, susu, yoghurt, keju, dan masih banyak lagi yang lainnya.  

  • Anak tidak mendapatkan kebutuhan gizi yang seimbang

Seperti halnya ketika si kecil masih dalam kandungan, pada saat ia sudah lahir maka wajib untuk mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi tinggi dan juga seimbang. Karena bila tidak anda berikan asupan makanan yang bergizi tinggi dan juga seimbang ini, bisa menjadi salah satu faktor utama anak terkena permasalahan stunting atau gagal pertumbuhan ini.

Yang wajib anda garis bawahi mengenai pemberian asupan gizi seimbang pada anak ini, terutama pada anak yang masih berusia di bawah 2 tahun, yang sudah kekurangan asupan ASI eksklusif, serta MPASI atau Makanan Pendamping ASI, yang tidak lengkap dan berkualitas. Untuk mempermudah anda perihal memberikan asupan bergizi seimbang pada anak, anda bisa memberikan si kecil dengan berbagai varian produk bergizi tinggi dari Nutricia. 

  • Gangguan mental pada ibu hamil

Menjaga kesehatan mental pada ibu hamil juga ternyata sama pentingnya dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan juga seimbang. Pasalnya jika si ibu hamil terkena permasalahan gangguan mental ini, akan merembet kepada hal-hal yang bisa menjadi penyebab gagal pertumbuhan pada si kecil. 

  • Faktor sanitasi buruk dan kekurangan akses air bersih

Tidak hanya sebatas dari dalam tubuh saja, yang bisa menjadi penyebab terjadinya gagal pertumbuhan pada anak. Melainkan dari faktor luar juga bisa menjadi penyebab terjadinya permasalahan pertumbuhan pada anak ini. Dan salah satunya adalah permasalahan sanitasi yang buruk, yang bisa menghambat pertumbuhan si kecil.

Selain itu kekurangan akses terhadap air bersih juga bisa mempengaruhi si kecil terkena permasalahan pertumbuhan yang satu ini. Dengan demikian wajib untuk anda memiliki tempat tinggal dengan lingkungan yang bersih, dengan sanitasi yang baik dan juga akses air bersih yang mudah, agar si kecil bisa bertumbuh kembang dengan baik.