Panduan Menyimpan Susu Cair Dengan Baik dan Benar

0
43
Susu Cair

Ditengah pandemi yang belum berakhir, selain dipaksa untuk membatasi frekuensi keluar rumah kita juga harus menjaga kesehatan agar tubuh tidak mudah terserang virus. Bagi orang dewasa,, mungkin saja bisa mengkonsumsi vitamin, namun bagaimana dengan si kecil? Perlukah nutrisi tambahan? Sebaiknya berikan nutrisi tambahan berupa susu cair.

Susu dapat menjadi makanan tambahan yang membantu melengkapi nutrisi dan gizi si kecil agar tubuhnya lebih sehat dan lebih kuat. Tubuhnya tidak akan mudah sakit dan terserang virus. Pemberian susu cair juga berguna untuk membantu perkembangan otak si kecil. Biasanya susu anak akan dibekali dengan kandungan DHA dan EPA yang sangat baik untuk tumbuh kembang otak si kecil.

Susu Cair
Susu Cair

Pemberian susu cair juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan si kecil terhadap anggota keluarga lainnya. Anda bisa menjadwalkan siapa saja yang membuatkan susu untuk si kecil. Dengan begitu, ia mulai mengenal anggota keluarga lainnya selain ibu.

Ditengah pandemi, biasanya para ibu akan berbelanja dan menyetok makanan maupun bahan makanan untuk beberapa hari. Namun, bagaimana dengan susu? Bisakah susu cair bertahan lama? Bagaimana cara menyimpannya dengan baik?

  • Sebaiknya masak dahulu susu cair sebelum disimpan di dalam lemari es. Tunggu hingga dingin sebelum dikemas ke dalam plastik.
  • Kemas ke dalam plastik berukuran kecil dan tutup rapat untuk menghindari terjadinya kontaminasi baik bau, bakteri, hingga partikel. Perhatikan kebiasaan konsumsi susu si kecil, misalnya saja biasa mengkonsumsi setiap 0,5 liter maka kemaslah susu dengan kemasan 0,5 liter, sehingga jika dibutuhkan Anda hanya perlu menghangatkan seperlunya saja dan tak perlu berulang kali dipanaskan.
  • Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) susu beku masih aman dikonsumsi hingga tiga bulan lamanya. Jauh lebih lama jika Anda menyimpannya dalam bentuk cair. Namun, proses mencairkannya pun tidak boleh sembarangan. Sebelum dikonsumsi, Anda harus mengeluarkannya dari freezer dahulu lalu biarkan di lemari es semalaman. Anda juga bisa meletakkan wadah susu di dalam mangkuk berisi air dingin.
  • Simpan susu murni di dalam lemari es dengan suhu 1-4 derajat celcius. Didalam suhu ini susu dapat bertahan setidaknya tiga hari. Letakkan susu di rak teratas atau tempat sirkulasi keluarnya udara (bagian paling belakang). Sebaiknya hindari menyimpan di lemari es yang penuh, karena lemari es yang penuh cenderung menghambat sirkulasi udara dan bisa memperpendek masa simpan susu itu sendiri. Lain hanya jika Anda menyimpan susu di dalam freezer, maka susu akan bertahan 5 hari. Hindari menyimpan susu cair pada pintu lemari es, karena tempat ini merupakan bagian paling hangat dan membuat susu cair cepat mengalami penurunan kualitas
  • Segera masukkan susu cair ke dalam lemari es segera setelah dibuka. 
  • Saat mengambil susu yang dibutuhkan, segera kembalikan sisa susu untuk menghindari kontaminasi dan menghindari tumbuhnya bakteri.
  • Untuk menghindari kontaminasi, selain menggunakan plastik Anda bisa menggunakan wadah yang memiliki tutup rapat
  • Hindari menyimpan susu di bawah lampu lemari es maupun matahari karena dapat merusak kandungan vitamin dan nutrisi susu cair

Pandemi yang masih melanda saatnya menjaga daya tahan tubuh si kecil dengan memberikannya nutrisi tambahan yang baik untuk perkembangannya. Berikan susu cair untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Berikan Morinaga Chill Go sebagai nutrisi tambahan yang memiliki kandungan gizi lengkap dengan 5 varian rasa yang pasti disuka oleh si kecil.