4 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha

0
48

Usaha merupakan alternatif orang dalam mencari mata pencaharian selain bekerja di kantor sebagai pegawai. Untuk usaha yang berbasiskan PT (Perseroan Terbatas) tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan badan hukum seperti Law Firm Indonesia untuk berkonsultasi terkait dengan legalitas nama perusahaan dan lain lain sebelum memulai. 

Usaha tidak menjanjikan penghasilan yang tetap akan tetapi juga berpotensi menghasilkan penghasilan yang besar. Maka dari itu untuk orang yang berani mengambil resiko usaha dapat anda jadikan sebagai opsi untuk mengumpulkan pundi pundi rupiah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai usaha, diantaranya adalah :

  1. Tujuan

Setiap orang memiliki motif yang berbeda dalam memulai usaha. Maka dari itu sebelum anda memulainya coba spesifikan dahulu apa tujuan anda. Biasanya landasan orang melakukan usaha ada 3 yaitu : Passion, Profit, Freedom. Masing masing landasan tersebut memiliki plus dan minusnya masing masing yang terpenting semua landasan harus didasari dengan niat yang baik.

2. Cost And Benefit

Banyak sekali jenis dan produk usaha yang bisa anda lakukan. Sebelum anda memilih model usaha atau produk apa yang akan anda jalani, pahami dulu cost dan benefit yang akan anda dapati. Pada umumnya usaha dengan resiko yang tinggi memiliki potensi penghasilan yang tinggi pula. Sebaliknya usaha dengan resiko rendah memiliki potensi penghasilan yang rendah. Hindari juga usaha dengan model gambling.

3. Pelajari Skill Terkait

Investasi yang paling utama dalam berusaha bukanlah terletak pada stok barang atau gaji karyawan melainkan kepada skill yang akan anda pakai dalam usaha tersebut. Tidak memiliki skill dan hanya mengandalkan orang untuk menjalankan usaha anda sangat tidak disarankan. Hal itu dikarenakan apabila anda tidak memiliki skill, bukan anda yang memiliki kendali  penuh atas usaha tersebut. Anda harus menguasai paling tidak 1 keahlian dari banyak keahlian yang dibutuhkan untuk usaha anda.

4. Perbanyak Praktek

Tidak ada pengusaha yang langsung berhasil pada percobaan pertama, maka dari itu jangan takut gagal dan mencobanya lagi. Banyak sekali pengusaha yang terjebak dalam teori. Saking banyaknya pelajaran dan teori yang dimiliki akan semakin membuat anda bingung dalam memulai. Pelajari satu skill kemudian praktekanlah sesegera mungkin. Karena teori pembelejaran terbaik ada di pengalaman dan kegagalan anda.

Sebelum anda beranjak ke modal, sumber daya manusia, nama perusahaan dan logo, perhatikan dahulu 4 hal tersebut. Mindset dan pola pikir yang tepat adalah senjata terbaik. Setelah anda matang dengan 4 hal tersebut anda dapat mulai mempromosikan bisnis anda dengan mencetak banner kecil kecilan untuk mempromosikan bisnis anda melalui cetak banner bekasi, atau di percetakan terdekat. Ingat kegagalan dan kesuksesan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.