Ketahui Masalah Menstruasi Tidak Teratur

0
44
haid tidak teratur
haid tidak teratur

Pada Umumnya, siklus haid terjadi setiap sekitar 28 hari dengan masa menstruasi selama lima atau tujuh hari. Namun, siklus haid tidak selalu lancar seperti yang diharapkan. Sebagian wanita mengalami haid terlambat, sementara sebagian lagi malah mengalami haid terlalu sering.

Tetapi ketika haid tidak teratur, maka Kamu patut khawatir. Selain terlambat, ketika haid terkadang wanita juga mengalami nyeri pada perut. Berikut adalah penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur.

Jika siklus haid tidak teratur, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah hormon yang tidak seimbang. Dalam tubuh wanita, hormon estrogen, yang mempengaruhi kesuburan dan siklus haid, bersama dengan hormon progesteron saling membantu sama lain untuk mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan, termasuk mengatur siklus haid.

haid tidak teratur
                                                        haid tidak teratur

Jika salah satu atau kedua hormon tersebut bermasalah, maka siklus haid dan kesuburan akan terpengaruh juga. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti buah, sayur, atau kacang-kacangan. Hindari makanan cepat saji dan minuman tidak sehat karena asupan-asupan tersebut sangat mempengaruhi hormon tubuh.

Haid atau menstruasi adalah siklus alami yang terjadi dalam hidup wanita. Ketika sel telur dalam tubuh wanita tidak dibuahi, maka dinding uterus akan luruh dan keluar dari tubuh melalui vagina dalam bentuk darah.

Umumnya, siklus haid terjadi setiap sekitar 28 hari dengan masa menstruasi selama lima atau tujuh hari. Namun, siklus haid tidak selalu lancar seperti yang diharapkan. Sebagian wanita mengalami haid tidak teratur, sementara sebagian lagi malah mengalami haid terlalu sering.

Tetapi ketika haid telat lebih dari seminggu, maka Kamu patut khawatir. Selain terlambat, ketika haid terkadang wanita juga mengalami nyeri pada perut. Berikut adalah penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur, Jika siklus haid tidak teratur, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah hormon yang tidak seimbang.

Dalam tubuh wanita, hormon estrogen, yang mempengaruhi kesuburan dan siklus haid, bersama dengan hormon progesteron saling membantu sama lain untuk mengatur sistem reproduksi didalam proses terjadinya suatu kehamilan, dan termasuk mengatur siklus haid.