Kebotakan pada Rambut Pria dan Solusinya

0
60
rambut pria
rambut pria

Jika Anda salah satu dari 25 persen pria yang mulai botak pada saat mereka berusia tiga puluh tahun, segala sesuatu dapat tampak sangat tanpa harapan. Namun, jika rambut Anda berakhir di lubang pembuangan air setiap pagi, itu mungkin tidak seburuk yang Anda pikirkan. Tahukah Anda bahwa rambut pria rontok tidak sama dengan menjadi botak ? Untuk membantu memilah fakta atau mitos, kami telah menyusun daftar beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kehilangan rambut.

rambut pria
rambut pria

1. Bagaimana Saya Bisa Tahu Jika Saya Akan Menjadi Botak?

Ini bukan pertanyaan konyol seperti kedengaran nya. Kehilangan rambut Anda tidak sama dengan menjadi botak. Kebotakan berpola adalah kondisi genetik sedangkan rambut rontok per se dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Jika Anda kehilangan beberapa helai rambut dengan cara yang tampaknya acak, Anda mungkin menderita alopecia. Yaitu suatu kondisi di mana seseorang (pria atau wanita) kehilangan beberapa helai rambut dari bagian-bagian tubuh mereka. Dalam kasus ekstrim ini dapat mempengaruhi semua rambut di tubuh. 

Alopecia dianggap memiliki faktor keturunan dan autoimun (di mana tubuh secara keliru menyerang dirinya sendiri). Ini tidak sama dengan pola kebotakan pria. Jika rambut rontok Anda terjadi dalam pola surut yang lebih teratur, biasanya dari pelipis dan mahkota kepala, maka kemungkinan besar Anda mengalami kebotakan pola rambut pria. Tapi ingat – kebanyakan pria botak. Tidak ada yang perlu ditakuti atau dipermalukan.

2. Seberapa cepat saya akan kehilangan rambut?

Rambut rontok pria dimulai pada titik di usia dua puluhan, tetapi biasanya membutuhkan waktu 15-25 tahun untuk menjadi botak. Setengah dari usia lima puluh tahun cukup botak. Namun, beberapa pria menjadi botak dalam waktu kurang dari lima tahun. Hampir mustahil untuk menentukan berapa lama prosesnya.

3. Adakah yang bisa saya lakukan untuk menghentikan rambut saya agar tidak rontok secara alami?

Setiap orang kehilangan rambut secara alami dan agak normal jika rambut menipis saat Anda bertambah tua. Tetapi kenyataannya adalah bahwa kerontokan rambut pada pria adalah suatu kondisi genetik yang tidak dapat dihentikan sepenuhnya. Ada kondisi yang disebut Traction Alopecia, yang disebabkan oleh tarikan atau ketegangan rambut Anda secara konstan dalam waktu lama.

Jika Anda sering menggunakan kepang yang ketat, terutama kuncir kuda yang kencang, Anda lebih mungkin mendapatkan Traction Alopecia. Jadi cobalah untuk tidak menarik rambut terlalu kencang. Beberapa ahli juga merekomendasikan olahraga sebagai cara yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Serta penggunaan sampo dari Clear Indonesia yang tepat untuk rambut pria adalah salah satu cara yang terbaik.