Sektor Industri di Era Digital

0
47
pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

Pemerintah Indonesia kini telah berupaya melakukan pengembangan industri di Indonesia melalui roadmap industri 4.0. Lewat peta jalan yang telah disusun ini, pemerintah berupaya mendorong pembangunan industri manufaktur untuk bisa berdaya saing global. Peta jalan yang telah disusun ini akan menjadi sebuah strategi pengembangan industri dalam memasuki era digital. 

Sektor Industri Era Digital

Dalam menghadapi era digital yang semakin pesat, Menteri Perindustrian mengatakan bahwa ia membutuhkan konektivitas serta interaksi melalui teknologi, informasi, dan komunikasi. Dengan hal ini, sektor industri Indonesia bisa mencapai efisiensi dan peningkatan kualitas produk. Sektor industri apa saja yang akan dikembangkan akan diuraikan di bawah ini.

pengembangan industri di indonesia

1. Industri Makanan dan Minuman

Berkaca pada data lapangan, hingga hari ini Industri makanan dan minuman masih menjadi sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi beberapa tahun ke depan. Peran industri ini sangat konsisten, strategis, dan signifikan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dalam Produk Domestik Bruto (PDB) industri non-migas serta peningkatan realisasi investasi.

2. Industri Tekstil dan Pakaian

Industri ini menorehkan kinerja yang gemilang beberapa tahun belakangan ini. Mengingat dunia fashion kini semakin maju dan unggul, bahkan beberapa desainer fashion dari Indonesia menorehkan prestasi di mancanegara.

3. Industri Otomotif

Pengembangan industri di Indonesia pada sektor lainnya ialah ada pada industri otomotif yang telah merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual kendaraan bermotor. Untuk tahun ini pun ada sekolah menengah kejuruan yang menciptakan mobil kelas menengah ke bawah.

4. Industri Kimia

Untuk industri kimia yang menorehkan banyak prestasi yakni yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri ini mencakup agrokimia, petrokimia, polimer, farmasi dan lain sebagainya.

5. Industri Elektronik

Industri elektronik telah menjadi industri global bernilai miliaran dolar. Untuk Indonesia sendiri kini memiliki beberapa brand atau merek alat-alat elektronik, khususnya smartphone yang kini dikonsumsi masyarakat.

Demikianlah beberapa fokus sektor industri di era digital untuk pengembangan industri di Indonesia yang berdaya saing tinggi. Lima sektor ini kemudian menjadi fokus pemerintah untuk meningkatkan pembangunan industri manufaktur.