Kenali Tanda Mau Melahirkan Agar Proses Persalinan Lancar

0
106
tanda mau melahirkan

Mengenali tanda-tanda melahirkan merupakan suatu keharusan setiap pasangan. Artinya, tanda mau melahirkan tidak hanya harus dikenali oleh ibu hamil, juga oleh pasangannya. Tujuannya agar proses persalinan sesuai dengan harapan dan juga keinginan.

Nah, berikut ini, akan dijelaskan berbagai tanda-tanda awal kehamilan yang wajib diketahui. Informasi ini akan sangat bermanfaat sekali bagi Anda yang tengah mempersiapkan kelahiran si kecil. Berikut tanda-tandanya:

tanda mau melahirkan
Tanda mau melahirkan

1. Leher Rahim Melebar dan Menipis

Leher rahim akan terbuka ketika tubuh tengah mempersiapkan untuk kelahiran bayi. Jika sudah mendekati masa-masa melahirkan, maka leher rahim akan melebar dan menipis. Kondisi ini umumnya akan muncul beberapa hari atau minggu sebelum masa melahirkan tiba.

Leher rahim yang melebar bisa menjadi tanda awal persalinan. Selain itu, diikuti juga dengan perubahan leher rahim yang menipis. Kondisi ini sama-sama sebagai tanda awal persalinan.

Leher rahim yang menepis akan memudahkannya untuk melebar. Dengan begitu, proses persalinan akan semakin mudah. Menurut laman Mayo Clinic, kondisi ini mungkin akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

2. Terjadinya Perubahan Mood

Umumnya, ibu hamil akan merasakan perubahan mood yang signifikan. Entah itu semakin menurun, maupun semakin meningkat. Selain itu, suasana hati pun akan terpengaruhi oleh kondisi mood tersebut.

Perubahan mood bisa menjadi tanda awal melahirkan. Baik itu tanda-tanda akan melahirkan secara normal, maupun melalui operasi Caesar. Tanda-tanda ini, juga sering memengaruhi peningkatan maupun penurunan energi di dalam tubuh.

3.  Kram Sebelum Melahirkan

Ada dua jenis kram menjelang melahirkan. Kram ini umumnya terjadi di bagian perut dan punggung. Tekanan kram ini juga terasa di bagian panggul dan dubur. Ini merupakan tanda awal ibu hamil akan melahirkan.

Kondisi kram ini, adalah tanda yang muncul jika proses melahirkan tidak akan lama lagi dilangsungkan. Selain itu, ibu hamil juga akan merasakan nyeri di bagian punggung bawah dan area paha.

4.  Keluar Lendir

Lendir merupakan salah satu tanda lain jika seorang ibu mendekati masa-masa persalinan. Cairan ini lebih kental dari keputihan. Selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami sumbatan lendir. Kemudian, lendir tersebut akan menumpuk di bagian serviks atau leher rahim.

Pada saat serviks sudah mulai menipis, kemudian terbuka, maka hambatan tersebut akan keluar. Hal inilah yang juga menjadi pertanda persalinan yang bisa kita jadikan sebagai patokan.

Namun, Anda harus mengenali jenis lendir tersebut. Bedakan antara lendir menjelang persalinan dan keputihan. Lendir menjelang persalinan bertekstur kental, berwarna merah muda, warna bening, dan agak merah karena darah.

Lendir ini, umumnya akan keluar beberapa menit, jam, hingga hari sebelum ibu hamil melahirkan.

5.  Pecah Air Ketuban

Di dalam perut ibu hamil, bayi akan tinggal di dalam sebuah kantong yang berisi cairan. Kantung atau selaput ini dinamakan dengan ketuban. Fungsinya yaitu sebagai pelindung bayi di dalam kandungan.

Jika bayi akan keluar, air ketuban ini akan pecah. Ini merupakan tanda-tanda ibu hamil akan segera melakukan persalinan. Umumnya, setelah air ketuban pecah, beberapa jam kemudian persalinan pun akan dimulai.

Tanda awal ketuban bocor adalah berupa tetesan yang keluar melalui vagina. Keluarnya air ketuban akan beraturan dan berlangsung secara terus menerus. Begitu ketuban ini pecah, dokter kandungan akan segera memulai proses persalinan.

Demikian beberapa tanda mau melahirkan yang wajib dicatat oleh setiap ibu hamil dan pasangan. Jika tanda-tanda di atas sudah mulai muncul, maka persiapkanlah segala sesuatunya. Dengan begitu, proses persalinan akan berlangsung lancar sesuai rencana.