Inilah Manfaat Dongeng Bagi Anak

0
102
Manfaat Dongeng Bagi Anak
Manfaat Dongeng Bagi Anak

Di usia anak yang masih muda biasanya mereka sangat suka buku dongen apalagi ketika di bacakan sebagai pengantar tidur selain mengurangi stres anak, dongeng juga dapat membuatnya tidur nyenyak. Selain itu manfaat dongeng bagi anak dapat memicu pertumbuhan kecerdasannya.

Namun tidak semua orang percaya akan pentingnya manfaat dongeng bagi anak. Faktanya, 25% orang tua yang baru-baru ini disurvei mengatakan mereka tidak akan membacakan dongeng kepada anak di bawah lima tahun karena mereka tidak mengajarkan pelajaran yang baik atau terlalu menakutkan. Berikut beberapa alasan dongeng itu penting untuk kehidupan anak:

Manfaat Dongeng Bagi Anak
Manfaat Dongeng Bagi Anak

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2019-07/shutterstock_1233722113.jpg

1. Dongeng Tunjukkan pada Anak-anak Cara Menangani Masalah

Kami belajar dari karakter dalam cerita, bahkan sebagai orang dewasa. Mereka membantu kita karena kita terhubung dengan kehidupan kita sendiri, mimpi, kegelisahan, dan mempertimbangkan apa yang akan kita lakukan di sepatu mereka. Dongeng membantu anak-anak belajar cara menavigasi kehidupan.

2. Dongeng Membangun Ketahanan Emosional 

Dongeng menunjukkan masalah kehidupan nyata dalam skenario fantastis di mana pahlawan paling sering menang. Anak-anak perlu menemukan di lingkungan yang aman bahwa hal-hal buruk terjadi pada semua orang. Karena tebak apa? Tidak seorang pun dalam hidup ini yang kebal dari tantangan jadi kita perlu membangun kapasitas pada anak-anak kita. Apakah kita membangun otot-otot emosional sehingga anak-anak kita dapat bertahan selama masa-masa sulit atau apakah kita melindungi anak-anak kita, melindungi mereka, membiarkan mereka begitu lemah sehingga mereka tidak dapat menangani apa pun yang membutuhkan kekuatan?

3. Dongeng Mengajarkan Cerita

Dongeng memahami dasar-dasar cerita latar, karakter, dan plot (aksi yang meningkat, klimaks, dan resolusi) serta perbedaan antara fiksi dan non-fiksi. Begitu seorang anak memahami struktur cerita , itu mendukung kemampuannya untuk membuat prediksi dan memahami cerita-cerita lain yang dia baca.

4. Dongeng Ajarkan Pelajaran

Gunakan dongeng untuk mengajarkan moral dan pelajaran pada anak. Perlahan Anda akan mulai membentuk karakter anak.

Untuk memperoleh manfaat dongeng bagi anak, saat menbaca dongeng Anda perlu mempertimbangkan waktu hari untuk membaca dongeng. Mungkin beberapa dongeng tidak dimaksudkan untuk menjadi cerita pengantar tidur. Jadi, bacalah saat makan siang!