Cara Mengecek Cincin Berlian Wanita Asli

0
97
cincin berlian wanita asli
cincin berlian wanita asli

Salah satu lagu yang pernah dinyanyikan oleh Marilyn Monroe berjudul, diamonds are a girl’s best friend yang artinya adalah berlian adalah sahabat terbaik perempuan. Maka tidaklah heran jika cincin berlian wanita asli akan menjadi pemberian terbaik untuk melamar, pernikahan, ulang tahun. Sayangnya, tidak sedikit berlian yang dijual merupakan berlian palsu atau tiruan.

Tentunya selain mengecewakan yang menerima pemberian tersebut, kita juga mengalami kerugian karena harga berlian yang memang tidaklah murah. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengecek keaslian berlian yang menghiasi cincin wanita. Memang ada alat yang bisa digunakan, namun tentunya pasti mahal harganya. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut yang lebih mudah.

cincin berlian wanita asli
cincin berlian wanita asli

source: https://teknooo.com/wp-content/uploads/2019/07/BsKWfIzCIAAmX8i.jpg

Tes Air Sederhana

Cara ini merupakan cara untuk mengetes keaslian berlian secara sederhana yakni dengan menggunakan segelas air. Pertama, siapkan sebuah gelas minum berukuran normal. Kemudian isi tiga perempatnya dengan air. Secara hati-hati jatuhkan berlian ke dalam gelas berisi air tersebut. Jika batu permata itu tenggelam, sekecil apapun ukurannya, itu adalah berlian asli.

Namun apabila mengapung di bawah atau di permukaan air, maka Anda memiliki berlian yang palsu di tangan Anda. Alasannya karena berlian asli memiliki kepadatan yang tinggi sehingga akan tenggelam. Tes air sederhana ini menunjukkan apakah berlian yang Anda miliki ini memiliki tingkat kepadatan yang sama atau tidak seperti berlian aslinya

Tes Uap

Selanjutnya ada tes uap. Cara untuk mengetes cincin berlian wanita asli Anda sangatlah sederhana. Caranya, pegang berlian atau cincin Anda di antara dua jari. Kemudian tarik napas dan hembuskan udara napas dari mulut di atasnya. Kabut cahaya akan terbentuk pada berlian karena kelembapan dan panas dalam napas Anda. Bila kabut itu menghilang dengan cepat berarti berlian itu nyata.

Namun, bila kabut tersebut butuh beberapa detik untuk menyebar, ada kemungkinan itu adalah berlian palsu. Penjelasannya adalah karena berlian efektif menghantarkan panas sehingga menyebarkan panas dengan cepat dan uap yang menempel akan segera hilang.

Tes Panas

Selanjutnya cara yang hisa digunakan apakah berlian yang Anda miliki itu asi atau tidak adalah dengan menggunakan tes panas. Berlian merupakan salah satu benda paling kuat di bumi dan tidak responsif terhadap panas tinggi. Untuk mengujinya, seperti cara pertama, ambil gelas minum dan isi dengan air dingin. 

Gunakan satu set plyer atau pinset atau sarung tangan tahan api untuk memegang berlian kemudian panaskam dengan korek api selama kurang lebih 40 detik. Setelah itu secara langsung jatuhkan batu langsung ke air dingin dalam gelas. Jika berlian itu pecah, itu artinya berlian tersebut palsu karena terbuat dari komponen yang lebih lemah. Berlian sejati tidak akan menunjukkan reaksi apapun.

Itulah 3 cara mengecek keaslian cincin berlian wanita asli yang Anda miliki dengan alat dan juga cara yang mudah. Namun, apabila Anda meragukan keasiannya Anda bisa mengeceknya kembali pada para ahlinya. Untuk mempermudah pembelian perhiasan berlian Anda, pastikan Anda juga membelinya di toko yang memberikan jaminan keaslain produk perhiasannya.

Mondial Jeweler merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Produk-produknya diberikan grade bersertifikat mulai dari carat, color, clarity dan juga cuts atau pemotongan batu berliannya. Salah satunya adalah Reinette merupakan yang memiliki desain unik seperti pita yang bertaburkan permata yang sangat sempurna untuk diberikan sebagai hadiah.