Manfaat Membacakan Dongeng untuk Si Kecil

0
92
stimulasi anak

Membacakan dongeng masih menjadi salah satu aktivitas seru di tengah perkembangan zaman seperti saat ini. Tidak hanya sebagai hiburan untuk si Kecil saja, membacakan dongeng juga bisa menjadi stimulasi. Bahkan ada banyak orang tua yang memberikan stimulasi anak dengan membacakan dongeng ini setiap malam.

Mam yang juga berkeinginan membacakan dongeng juga perlu mengetahui apa saja manfaat dari aktivitas ini. Langsung saja, berikut pembahasannya:

stimulasi anak
Stimulasi anak
  • Mengembangkan Imajinasi

Anak-anak pada umumnya masih senang bermain dengan kreativitas dan imajinasi yang dimiliki. Membacakan dongeng ini mampu mengembangkan imajinasi di usianya semakin baik. Mam juga perlu kreatif dalam membacakan dongeng agar si Kecil semakin tertarik, misalnya dengan menggunakan intonasi dan menambahkan gerakan.

  • Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Saat Mam membacakan dongeng, si Kecil akan mulai mempelajari dan mengetahui kosakata baru. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi kemampuan berbahasa si Kecil menjadi lebih baik. Mereka akan lebih mampu untuk menempatkan kosakata sesuai fungsinya. Namun sesuaikan isi cerita dengan usia si Kecil. Jangan memilih buku yang memiliki kosakata terlampau sulit untuk usianya.

  • Membangkitkan Minat Baca

Di era digital yang serba gadget ini, minat baca pada anak-anak memang sedikit menurun. Oleh sebab itu, Mam harus memberikan stimulasi anak yang mampu membangkitkan minat bacanya. Biasanya saat si Kecil menyukai sebuah cerita, ia akan mulai membuka buku sendiri untuk mengetahui cerita selanjutnya atau cerita lainnya.

  • Melatih Daya Ingat

Membacakan dongeng juga bisa menjadi sarana untuk melatih daya ingat si Kecil. Ketika di tengah bercerita, Mam bisa bertanya tentang nama karakter yang ada di dalam dongeng. Selain itu, Mam juga bisa melatih daya ingat si Kecil dengan menyuruh mereka menceritakan dongeng yang sebelumnya dibacakan pada keesokan harinya.

Itulah berbagai manfaat membacakan dongeng untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain sebagai stimulasi anak, aktivitas ini juga bisa mendekatkan hubungan antara Mam dan juga si Kecil. Pasalnya, si Kecil merasa disayangi dan diperhatikan apabila dibacakan dongeng dengan hangat setiap malam.

Pemberian stimulasi tersebut juga bisa didukung dengan pemenuhan nutrisi melalui makanan dan susu pertumbuhan. Wyeth Nutrition menghadirkan produk susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yaitu S-26 Procal GOLD dan anak usia 3 tahun ke atas yaitu S26 Promise GOLD. Selengkapnya langsung saja kunjungi wyethnutrition.co.id.