Fenomena Kecanduan Internet

0
72

Sejumlah pengalaman mengakses internet dari perangkat smartphone ataupun komputer kini mampu penuhi semua kebutuhan pengguna. Seperti kita tahu, di dalam penggunaan paket internet sudah semakin bertambah,hingga memunculkan fenomena kecanduan internet di semua kalangan.

Tidak hanya dari usia muda saja, akan tetapi dari kalangan dewasa sampai orang tua pun bisa menikmati akses internet lebih cepat dan murah. Karena itulah ada sejumlah pengalaman penting yang membuat penggunaan smartphone makin bertambah kini sudah bisa kita telaah lebih dalam.

Penyebab Fenomena Kecanuan Internet

Istilah kecanduan internet mengacu pada durasi penggunaannya. Seperti contoh pada seorang gamers yang terus mengakses game online lebih dari 10jam bahkan sampai kecanduan. Aktivitas sehari-hari mengandalkan akses internet akan terus bertambah durasinya, sehingga ada beberapa penyebab kenapa istilah kencaduan internet sudah familiar di telinga kita.

Adanya Hiburan di Dalam Internet

Pastinya kita mencari media hiburan ketika sudah jenuh dalam aktivitas sehari-hari. Kemudian dari jumlah media hiburan dengan koneksi utama internet semakin bertambah. Sehingga tak heran faktor kencaduan internet bisa berawal dari penggunaan semua media hiburan yang durasinya berlebihan.

Sejumlah kalangan menilai aspek penting dalam penggunaan akses internet akan terus berkembang. Sebab istilah candu ini masih terus diperlihatkan sehingga setiap hari seseorang akan terus mengandalkan akses hiburan berbasis internet.

Bisa Sebagai Pelampiasan

Berikutnya ada alasan kenapa fenomena kecanduan internet akan selalu diperlihatkan dalam beberapa aktivitas seperti membuat status di media sosial. Seperti kita tahu bahwa pelampiasan dari media sosial bisa diperlihatkan dengan mencermati hal-hal penting seperti memposting status di media sosial sesering mungkin.

Adapun isi setiap status bisa berupa curhatan isi hati, ditambah lagi ada luapan perasaan yang membuat pemilik akun media sosial menginginkan harapan dan juga kepedulian dari pengguna media sosial lainnya.

Menghadirkan Kemudahan Secara Instant

Kita bisa melihat bahwa penggunaan internet dengan media PC komputer ataupun smartphone akan membuahkan kebiasaan kurang biak. Akan tetapi sarana kemudahan instant dalam mencari informasi akan selalu bisa diandalkan baik dari perangkat smartphone ataupun perangkat lain.

Kita bisa mengakses informasi lebih cepat, ditambah lagi ada beberapa komponen internet yang memudahkan setiap orang berinteraksi dengan pengguna lainnya. Banyak contoh bisa kita amati terutama penggunaan aplikasi messaging ataupun media sosial yang sekarang ini mampu menarik perhatian banyak orang.

Tertarik Dengan Dunia Maya

Istilah dunia maya menjadi viral ketika kita mengakses banyak media internet baik itu website, aplikasi ataupun game. Ada banyak cakupan target dari pengguna internet untuk bisa memanfaatkannya sebagai pelampiasan, dan juga mendapat perhatian dair banyak orang.

Sangat berbeda dari dunia nyata yang mana dunia maya ini cenderung memberi rasa nikmat bagi pengguna. Tak heran bila pengguna media sosial seringkali memposting status yang tidak sesuai di dunia nyata ataupun memposting foto palsu untuk mendapat sensasi sesuai harapan pengguna. Maka dari itu ada sejumlah poin penting bagi pengguna internet karena tak selamanya mereka berada di dunia maya hingga lupa akan kewajibannya di dunia nyata. Secara keseluruhan potensi dari penggunaan paket internet untuk mengakses semua media sosial hingga konten website dan video akan terus bertambah. Karena itulah ada kontrol ketat dari beberapa pihak agar potensi buruk dari penggunaan internet hingga merasa kencaduan ini tidak terjadi. Ditakutkan ada beberapa potensi buruk di pengguna internet yang tak mau memperhatikan dunia nyata, hingga mereka tak menyadari waktu sudah berubah lebih cepat.