5 Cara Mudah untuk Dapatkan Kulit Wajah Mulus dan Sehat!

0
102

 

Setiap perempuan tentu mendambakan kulit wajah yang cerah dan mulus. Itu sebabnya, tak heran jika kebanyakan wanita rela menghabiskan uang banyak untuk melakukan berbagai perawatan di salon. Namun, untuk tipe perempuan yang aktif bekerja, rasanya sulit untuk menyempatkan waktu rutin melakukan perawatan kulit di salon. Nah, jangan biarkan padatnya aktivitas kerja menghambatmu untuk memiliki kulit wajah yang sehat, ya. Yuk, kembalikan pesona wajahmu dengan melakukan perawatan sederhana di rumah seperti berikut ini:
1. Mencuci Muka Tiga Kali Sehari
Salah satu kunci penting untuk bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat adalah merawat kulit agar tetap bersih dengan rutin mencuci muka paling tidak tiga kali dalam sehari. Selain itu, pastikan juga kandungan pH yang ada dalam sabun pencuci mukamu sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Menurut Zeichner, M.D, dermatolog asal New York, sabun cuci muka sebaiknya tidak mengandung lebih dari pH 5. Ini berguna untuk membunuh bakteri yang menempel pada kulit wajah, sehingga terhindar dari serangan jerawat.
2. Gunakan Pelembap
Ladies, karena Indonesia memiliki kelembapan udara yang cukup tinggi, ini membuat kebanyakan dari pada kita beranggapan bahwa penggunaan produk pelembap wajah tidak lagi dibutuhkan. Pemikiran ini ternyata sangat ditentang oleh banyak dermatologis, lho. Pasalnya menggunakan pelembap merupakan hal yang wajib dilakukan setiap orang. Hal ini dikarenakan kandungan dalam pelembap dapat mempertahankan struktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal, seperti udara kering, AC, sinar matahari, angin, dan faktor usia. Itu sebabnya, jangan pernah lupa untuk menggunakan pelembap sehabis mencuci muka, ya!

Sebagai rekomendasi kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit L’Oreal White Perfect dari L’Oreal Indonesia. Diperkaya dengan Derm White Technology, produk L’Oreal Indonesia ini menggabungkan 3 aksi pencerah untuk membantu menyamarkan noda hitam pada kulit, membantu mengurangi produksi melanin untuk mencegah hiper-pigmentasi kulit, dan membantu kulit tampak lebih halus sehingga terawat keremajaannya. Harganya pun tergolong cukup murah yaitu sekitar IDR 150.000-an.
3. Rutin Eksfoliasi Setiap Minggu

Siapa bilang eksfoliasi wajah secara mendalam hanya bisa dilakukan di salon? Kamu juga bisa melakukannya di rumah, lho! Perlu kamu mengerti bahwa eksfoliasi bertujuan untuk membersihkan kotoran sehingga pori-pori pada wajah tidak tersumbat dan menyebabkan flek. Untuk itu, sebaiknya kamu rutin melakukan eksfoliasi, ya! Apalagi jika kamu sering terpapar polusi kotor, disarankan lakukan eksfoliasi satu kali dalam seminggu. Namun, bagi kamu yang memiliki kondisi kulit berjerawat, sebaiknya tidak melakukan perawatan yang satu ini karena hanya dapat memperparah kondisi kulit wajah saja. Jika kamu tetap ingin melakukan eksfoliasi, coba konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu, ya.

4. Gunakan Masker Secara Rutin
Perawatan wajah selanjutnya adalah rutin menggunakan masker. Ladies, setelah seharian beraktivitas di luar rumah, sering kali kita jadi malas untuk melakukan perawatan wajah, apalagi harus repot-repot menggunakan masker. Meski terkesan merepotkan, menggunakan masker secara rutin sebaiknya tetap kamu lakukan, ya. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak manfaat masker yang bisa kamu dapatkan. Dirangkum dalam salah satu artikel Live Strong, kandungan dalam masker dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah, sehingga kamu dapat terhindar dari masalah keriput dan jerawat berlebih.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Selain menjaga kesehatan kulit wajah dari luar, kamu juga perlu lebih memerhatikan asupan yang masuk dalam tubuhmu. Salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Tahukah kamu? Kurangnya kadar air pada tubuh dapat menyebabkan kekeringan pada kulit wajah. Kondisi ini dapat mempercepat munculnya keriput dan masalah jerawat. Itu sebabnya, dokter pun menyarankan setiap orang dewasa meminum setidaknya 8 sampai 10 gelas air putih setiap harinya. Dengan begitu, kulit tubuh dan wajahmu akan tetap lembab dan terasa lebih lembut.

Ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah sehat tanpa perlu repot-repot ke salon, ya! Tertarik untuk mencobanya?