Mendampingi Belajar Agar Anak Cerdas di Masa Pandemi

0
84
Agar anak cerdas
Agar anak cerdas

Dalam masa pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir ini, tampaknya para orang tua harus bekerja lebih kuat lagi pasalnya hingga saat ini kegiatan pembelajaran di sekolahan masih ditutup dan para siswa diharap untuk belajar dalam moda daring (dalam jaringan).

Beberapa protes yang cukup keras dilayangkan kepada beberapa pihak terkait karena mengeluh beban yang harus diampu orang tua untuk mendampingi belajar anak khususnya bagi anak yang mengenyam pendidikan dasar semakin besar saja. Agar anak cerdas serta pembelajaran yang dilakukan oleh anak berhasil para orang tua harus bekerja ekstra dalam mendampingi anak ketika belajar di rumah. 

Banyak metode serta tips yang dilakukan orang tua agar anak tetap aktif dalam belajar ketika di rumah. Namun juga masih banyak orang tua yang belum mengetahui cara belajar yang efektif bagi anak yang ketika harus belajar dari rumah. 

Agar anak cerdas
Agar anak cerdas

Beberapa survei dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung menyebutkan bahwasanya orang tua yang mempunyai anak yang masih mengenyam dalam pendidikan dasar (SD) mengalami kebingungan karena tidak adanya koordinasi dengan guru atau dengan kata lain komunikasi dengan sekolah yang buruk. Di satu sisi banyak orang tua yang menginginkan agar anak cerdas namun di sisi lainnya mereka tidak pro aktif dalam mendampingi belajar anak ketika di rumah, hal itu menjadi permasalahan baru yang harus ada solusi untuk keduanya.

Agar anak cerdas dan pembelajaran anak di rumah bisa efektif

  1. Orang tua harus mengenali metode belajar anak yang paling ideal, berdasarkan teori pendidikan yang ada bahwasanya setiap anak mempunyai karakter masing – masing. Orang tua harus pandai dalam mengenali karakter anak masing – masing.
  2. Persingkat waktu belajar anak dan hadirkan pembelajaran yang tidak monoton, banyak anak yang merasa jenuh dengan belajar itu – itu saja, orang tua mesti pandai dalam menggunakan strategi dan metode agar anak senang belajar di rumah.
  3. Perhatikan kebutuhan akan nutrisi anak, berikan susu setiap hari untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Susu Wyeth Nutrition untuk masa tumbuh kembang anak sangat bagus diberikan untuk menunjang segala kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan anak agar otak bisa berkembang optimal.