Gizi Penting dalam Menu MPASI 1 Tahun

0
58
Menu MPASI 1 tahun
Menu MPASI 1 tahun

Pemberian MPASI atau Makanan Pendamping ASI bisa diberikan pada si Kecil ketika memasuki usia 6 bulan. Selain itu, MPASI diberikan karena ASI eksklusif sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Namun pemberian MPASI anak 1 tahun tetap harus memperhatikan beberapa hal, seperti perkembangan pencernaan hingga gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya. Pasalnya peran gizi dan nutrisi bagi si Kecil sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah berbagai macam gizi yang harus ada pada menu MPASI 1 tahun:

Karbohidrat

Karbohidrat bisa menghasilkan kalori yang nantinya mampu mencukupi kebutuhan energi anak. Banyak makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat seperti ubi, kentang, singkong, dan juga beras.

Protein Nabati dan Hewani

Protein hewani berguna sebagai sumber zat besi dan membangun sel-sel tubuh. Makanan yang menjadi sumber protein hewani adalah ikan, telur, dan daging ayam atau sapi. Sedangkan sumber protein nabati adalah kacang-kacangan seperti tempe, kacang hijau, buncis, dan kacang merah.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan zat pendukung dalam menu MPASI anak 1 tahun yang membantu proses tumbuh kembangnya. Beberapa macam mineral yang sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil adalah zink, zat besi, dan kalsium. Vitamin dan mineral banyak terkandung dalam buah serta sayur.

Menu MPASI 1 tahun
Menu MPASI 1 tahun

Lemak

Lemak ternyata menjadi gizi yang dibutuhkan oleh anak 1 tahun untuk penyerapan berbagai macam vitamin. Tidak hanya itu saja, lemak juga membantu melancarkan pencernaan anak.

Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 dan omega 6 adalah asam lemak tak jenuh yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Kedua gizi ini penting untuk perkembangan otak dan mata si Kecil. Bunda bisa memberikan ikan salmon dan alpukat untuk memenuhi kebutuhan omega 3 dan 6.

Itulah berbagai macam gizi yang harus ada dalam menu MPASI 1 tahun. Dengan memenuhi kebutuhan gizi tersebut maka proses tumbuh kembang si Kecil akan lebih maksimal. Setelah lepas dari ASI, Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan DANCOW 1+ Nutritods.

Susu ini untuk anak usia 1-3 tahun dalam masa tumbuh kembangnya. Banyak kandungan penting yang juga dibutuhkan si Kecil seperti laktosa, vitamin D, lactobacillus rhamnosus, omega 3 dan 6, kalsium, protein, minyak ikan, zat besi, dan serat inulin.