Beberapa Manfaat Senam Bagi Tumbuh Kembang Anak

0
269
manfaat senam bagi tubuh
manfaat senam bagi tubuh

Senam merupakan olahraga yang sangat baik bagi kesehatan, bahkan tidak hanya untuk orang dewasa saja senam juga sangat baik bagi anak jika gerakan-gerakan senam disesuaikan pada anak.  Salah satu yang paling umum dari manfaat olahraga senam yaitu meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga anak tidak mudah terserang penyakit seperti obesitas.

tumbuh kembang anak juga dapat dipengaruhi dengan gerakan-gerakan senam sehingga pertumbuhannya akan sesuai dengan umurnya,  oleh karena itu tidak ada salahnya jika bunda memperkenalkan olahraga senam pada anak karena manfaat senam bagi tubuh anak sangat penting, tidak harus selalu setiap hari bunda bisa melatihnya minimalnya 1 minggu sekali dan untuk sehari-harinya bisa diganti dengan mengajak jalan santai, ataupun bersepeda yang penting anak tetap melakukan gerakan olahraga. 

manfaat senam bagi tubuh
manfaat senam bagi tubuh

Berikut ini beberapa manfaat senam bagi tubuh untuk tumbuh kembang anak yang harus bunda tahu.

1. Meningkatkan kecerdasan anak

Ternyata gerakan senam tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh saja namun juga bagi kecerdasan anak, dengan mengikuti gerakan-gerakan maka anak secara tidak langsung diajak berpikir kreatif atas gerakan-gerakan senam yang diajarkan. 

2. Menguatkan otot

Sudah pasti gerakan senam akan melibatkan otot-otot sehingga membantu memperkuat otot seperti punggung, lengan, perut dan juga kaki. Jika otot anak sudah kuat maka dia akan tidak akan mudah cedera saat anak berlari atau hanya sekedar loncat-loncat.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan olahraga senam maka anak akan lebih terampil yang terdapat dalam gerakan-gerakan senam sehingga mereka akan menjadi lebih optimis dalam segala hal dan melahirkan kepercayaan diri.

4. Menyeimbangkan dan lebih konsentrasi 

dengan senam akan membuat anak lebih bisa seimbang sehingga ini sangat baik bagi anak yang sedang belajar berdiri maupun berjalan, dengan gerakan-gerakan yang tetap akan membuat anak lebih konsentrasi terhadap gerakan-gerakan yang ingin ia lakukan.

Itulah beberapa manfaat senam bagi tubuh untuk tumbuh kembang anak, untuk mencari tips kesehatan anak lainnya bunda bisa melihat di website sahabat nestle dan dapatkan pula info penting lainnya terkait dalam menjaga pola makan sehat bagi anak.