Transaksi Lebih Mudah Dengan Gerbang Pembayaran Nasional

0
150
gerbang pembayaran nasional

Semakin berkembangnya teknologi di dunia industri memicu semakin beragamnya sistem pembayaran yang digunakan. Sistem pembayaran secara non tunai atau cashless menjadi sistem pembayaran yang kini banyak digunakan para pebisnis lantaran dianggap lebih mudah. Karena hal tersebut Bank Indonesia menghadirkan inovasi baru yang disebut dengan gerbang pembayaran nasional atau GPN.

Bagi Anda yang belum familiar dengan GPN, berikut ini pembahasan yang bisa Anda simak:

Mengenal Apa Itu GPN

GPN merupakan sistem yang dibuat untuk menyatukan instrumen serta kanal pembayaran secara nasional. Program ini sebenarnya sudah dirancang sejak 20 tahun yang lalu, namu baru secara resmi diterbitkan pada tahun 2018. Tujuan diadakan program ini diantaranya yaitu mengintegrasikan berbagai bank di Indonesia, mendukung gerakan cashless dari pemerintah, mempermudah transaksi online, serta pengawasan transaksi keuangan satu pintu. Bukan hanya bank di Indonesia saja, payment gateway Indonesia seperti Faspay juga bekerja sama dengan GPN.

gerbang pembayaran nasional
Gerbang pembayaran nasional

Kelebihan GPN

Sistem GPN ini memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan, diantaranya yaitu:

1. Kemudahan transaksi cashless

Ketika belanja di pusat perbelanjaan, Anda pasti sering melihat banyak mesin EDC di meja kasir. Hal tersebut lantaran perbedaan sistem dari setiap bank ketika menerima pembayaran cashless membuat mesin EDC setiap bank berbeda-beda. Adanya sistem GPN ini membuat nasabah dengan kartu GPN bank manapun bisa bertransaksi dengan mesin EDC berlogo GPN.

2. Rendahnya tingkat MDR

Transaksi non tunai biasanya dikenakan biaya yang disebut dengan Merchant Discount Rate atau MDR. Biaya MDR dari GPN ini hanya sebesar 1% saja sehingga membantu menurunkan beban dari merchant atau pemilik bisnis.

3. Keamanan data nasabah

Sistem GPN dibangun di dalam negeri sehingga transaksi yang terjadi tidak sampai ke luar negeri. Hal ini dapat membantu meningkatkan keamanan dari pencurian ataupun penipuan.

Itulah berbagai penjelasan mengenai Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang harus Anda ketahui. Sangat menguntungkan bukan? Sebagai online payment gateway Indonesia, Faspay mendukung program GPN yang mudah, aman, serta hemat.

Adanya sistem keamanan canggih dari B-Secure menjadikan Faspay sebagai pilihan tepat untuk Anda yang ingin menggunakan sistem pembayaran cashless. Lebih lengkapnya mengenai perusahaan payment gateway ini bisa Anda lihat di website faspay.co.id.