Curug Cimahi, Pesona Pelangi dan Seni Cahaya

0
77
Curug Cimahi
Curug Cimahi

Curug Cimahi bukan terletak di kota Cimahi, namun di Bandung. Air terjun setinggi sekitar 87 meter ini namanya berasal dari nama sungai Cimahi yang mengalir di atasnya. Sungai itu berhulu di Situ Lembang dan mengalir hingga membelah kota Cimahi.

Obyek wisata yang dikelola oleh Perhutani ini dibuka sejak tahun 1992. Sempat ditutup sebentar karena dilakukan renovasi. Menempati lahan seluas 25 hektar dengan hawanya yang sejuk dingin.

Untuk menuju lokasi air terjun, dari gerbang harus menuruni tangga yang memakan waktu kurang dari 30 menit. Total ada 587 anak tangga yang terawat baik.

Untuk turunnya mungkin cukup mudah, namun saat naik akan cukup menguras tenaga. Karena itulah di sepanjang tangga disediakan beberapa tempat istirahat.

Curug Cimahi mempunyai nama lain Air Terjun Pelangi. Jika beruntung memang kita bisa melihat pelangi di air terjun. Biasanya pelangi terlihat antara sehabis dhuhur hingga sekitar waktu asar.

Tapi kita tidak hanya bisa mengunjungi Curug Cimahi di siang hari saja lho. Tempat ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam.

Jika datang di malam hari kita akan bisa melihat lampu hias yang menyala di belakang air terjun. Lampu itu membuat seolah air terjunnya menjadi berwarna-warni. Atraksi lampu ini berhasil meningkatkan jumlah pengunjung Curug Cimahi.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cimahi sendiri sangat baik, terlihat dikelola dan dirawat dengan sungguh-sungguh. Ada mushala untuk shalat, warung-warung makan, toilet, dan beberapa tempat bersantai. Tempat parkirnya ada di dekat gerbang masuk.

Bahkan, obyek wisata ini juga mempunyai klinik! Keren, kan.

Di dua tempat yang tinggi pengelola membuat 2 dek berpagar pengaman yang dilengkapi dengan kursi dan meja. Dari dek kita akan bisa menangkap view yang lebih lebar dari air terjun dan sekitarnya. Dek-dek ini sering juga digunakan pengunjung untuk berfoto ria.

Area sekitar air terjun ditumbuhi banyak pohon yang cukup rindang. Dimana pepohonan itu menjadi rumah bagi ratusan ekor monyet liar tapi cukup jinak. Kita dihimbau untuk tidak memberi makan pada monyet liar, karena agar tidak menjadi kebiasaan sehingga di kemudian hari monyet-monyet itu akan mengganggu pengunjung untuk meminta makanan.

Lokasi

Curug Cimahi terletak di Jl Kolonel Masturi No. 325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kertawangi, Kabupaten Bandung Barat. Cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya, tidak jauh dari Universitas Advent Bandung.

Rekomendasi Transportasi

Transportasi handal untuk berwisata di Bandung dan sekitarnya tentu adalah rental mobil Dirgantara Car Rental. Perusahaan jasa sewa mobil Bandung ini telah berumur 30 tahun. Bertahan selama 3 dekade tentu berbekal dengan pelayanan yang profesional, sehingga usahanya awet tak lekang jaman.

Untuk melihat dan memesan mobil dari berbagai jenis kamu bisa mengunjungi situs dirgantaracarrental.com. Pengelolanya fast respon, mereka bisa dihubungi juga lewat WhatsApp.