Belajar Fotografi Pakai Kamera Pemula atau yang Canggih?

0
110
belajar fotografi
belajar fotografi

Tidak sedikit pertanyaan yang timbul bagi mereka yang ingin belajar fotografi yaitu apakah pemula membeli kamera DSLR atau yang canggih. Tentu jawabannya sederhana yaitu membeli kamera untuk pemula walaupun dana yang Anda miliki bisa membeli kamera yang sangat canggih.

Perlu diketahui bahwa mereka yang ingin membeli kamera canggih itu dikarenakan tidak adanya keinginan untuk mengganti kamera kedepan nya. Padahal teknologi kamera terus berkembang setiap saat maka mau tidak mau Anda harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

Nah sebagai dasar dalam memilih kamera maka yang perlu diperhatikan adalah kualitas gambar yang dihasilkan. Kalau sudah berbicara soal seperti ini maka kamera pemula dengan kamera canggih memiliki ukuran sensor gambar yang tidak jauh berbeda.

belajar fotografi
                                                                belajar fotografi

Artinya, peran keahlian dalam mengambil gambar serta kualitas lensa yang diperlukan sangatlah diperlukan.

Kekurangan dan kelebihan kamera DSLR pemula

Kamera pemula itu memiliki antarmuka desain yang lebih ilustrasi serta sederhana. Misalnya di Nikon D3200 atau di 5200 Anda bisa melihat ilustrasi saat mengganti nilai bukaan nya. Angka angkanya juga lebih cukup complete misalnya shutter speed ditulis 1 per 100 detik dan angka bukaan lensa f/8. sementara di kamera canggih saat ini disingkat menjadi 100 dan bukaan lensa menjadi 8.0

Enaknya lagi kamera jenis ini memiliki panduan serta peringatan misalnya di kamera DSLR pemula Canon setiap mengganti fungsi kamera akan muncul sedikit penjelasan tentang mode serta fungsi dari kamera tersebut. Di kamera DSLR Nikon pemula ada peringatan yang muncul jika setting yang Anda buat membuat objek foto itu terlalu terang atau terlalu gelap

Seperti penjelasan di atas tadi bahwa sebaiknya kita memilih kamera DSLR pemula yang suatu saat bisa kita agar sesuai dengan perkembangan teknologi. Mengapa ini sangat disarankan karena kualitas dari gambar yang dihasilkan itu adalah berdasarkan dari pengalaman si pengguna kamera itu sendiri.

Itu sebabnya bagi mereka yang ingin belajar fotografi yang menggunakan kamera pemula ada baiknya mempelajari semua tombol fungsi menu kamera serta mempelajari teknik fotografi itu sendiri.