Makanan Untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak

0
141
Nutrisi otak
Nutrisi otak

Otak adalah organ penting yang menjadi struktur pusat pengaturan semua sistem pada tubuh anak. Otak berperan dalam mengatur gerakan, perilaku dan pemikiran. Otak memiliki beberapa bagian. Salah satunya adalah lobus frontal (bagian depan otak besar). Bagian ini yang mengendalikan setiap gerakan, ucapan, perilaku, memori, emosi, serta kepribadian anak. Bagian otak ini juga berperan dalam proses berpikir, penalaran, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan perencanaan.

Oleh karena itu, otak sangat erat berkaitan dengan kecerdasan anak. Karena fungsinya yang begitu vital, kesehatan otak anak perlu dijaga dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik. Ada beberapa jenis makanan yang terbukti dapat menjadi nutrisi otak terbaik.

Nutrisi otak
Nutrisi otak

Makanan terbaik untuk otak

Fungsi otak yang baik sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi. Jika nutrisi otak tercukupi, maka kesehatannya pun terjaga. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa sumber makanan yang baik untuk otak adalah karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini berperan dalam suplai energi otak. Sumber makanan ini dapat diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, padi-padian, gandum, dan kacang-kacangan.

Nutrisi otak lainnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis vitamin seperti vitamin B1 dan vitamin C. Vitamin B1 atau tiamin bermanfaat menjaga fungsi sistem saraf bekerja dengan baik. Jenis vitamin inilah yang berperan mengubah karbohidrat menjadi energi untuk saraf dan otak. Sedangkan vitamin C berperan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel otak.

Selain karbohidrat kompleks dan vitamin, mengonsumsi susu DANCOW terbukti baik dalam meningkatkan fungsi otak karena kandungan proteinnya. Protein ini kemudian diubah menjadi neurotransmitter. Perlu diketahui kalua neurotransmitter adalah senyawa kimiawi berada di dalam tubuh kita. Ada tugas dari neurotransmitter, untuk menyalurkan beberapa informasi masuk ke saraf target di otak. Neurotransmiter memainkan peran penting dalam otak dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh termasuk detak jantung, pernapasan, pencernaan, dan suasana hati.

Susu DANCOW dilengkapi dengan asam lemak esensial Omega 3 dan 6 yang juga bermanfaat untuk menutrisi otak. Duo Omega ini dipercaya mampu menjaga pertumbuhan dan juga meningkatkan ukuran otak. Bahan ini berperan dalam menunjang proses belajar untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Upaya meningkatkan fungsi otak juga perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Konsumsi makanan sehat serta olah raga yang teratur dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Hal ini berguna untuk menunjang proses belajar untuk mengembangkan kecerdasan sekaligus menjaga anak agar tetap sehat.