Beri Penanganan Tepat! Begini Tips Atasi Susah BAB Anak

0
62
tips atasi susah bab anak

Mengetahui si kecil mengeluhkan sakit perut seringkali membuat orang tua panik. Sebab bagaimanapun itu adalah hal yang naluriah. Sementara itu, sakit atau nyeri yang dialami si kecil perlu diusut penyebabnya. Apakah mungkin karena makanan yang dikonsumsi, atau sebab lainnya. Di luar itu, adalah keharusan bagi orangtua mengetahui tips atasi susah bab anak

Membiasakan hidup sehat memang perlu diajarkan pada si anak sejak dini. Mulai dari persoalan makanan hingga membiasakan melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Ini dilakukan sebab selain karena keluarga adalah pendidikan pertama, pembiasaan ini akan berikan efek yang menguntungkan.

Konstipasi Juga Berbahaya, Begini Tips Tangani Susah BAB Anak

tips atasi susah bab anak
Tips atasi susah bab anak

Meski sepele, sembelit atau yang dalam istilah kedokteran disebut konstipasi ini juga berbahaya jika tak segera mendapat pertolongan. Sehingga kewajiban orangtua untuk segera memberikan penanganan. Nah, berikut ini adalah empat tips mengatasi susah BAB anak:

  • Membiasakan jadwal rutin BAB

Frekuensi buang air besar anak tentu berbeda satu dengan yang lainnya. Akan tetapi, dengan menjadwalkan sepuluh atau lima belas menit setiap hari akan membiasakan si kecil buang air besar. Sehingga ketika suatu kali ada perubahan bentuk, warna atau bahkan mengeluhkan nyeri, orangtua dapat segera memberikan penanganan.

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Konstipasi atau masalah pencernaan ini umum dialami oleh si kecil yang konsumsi susu pertumbuhan. Inilah alasan mengapa selain berikan makanan kaya serat, sayur, dan buah-buahan, perlu juga Anda mengkonsultasikan susu yang tepat bagi si kecil.

  • Cukupi kebutuhan air putih

Tips tangani susah BAB anak berikutnya yakni mencukupi kebutuhan air putih. Sebab anak pun miliki kebutuhan harian yang harus diperhatikan. Lalu, bagaimana jika si kecil tidak mau minum air putih? Padahal, air kan unsur penting yang melancarkan pencernaan? Tenang, kebutuhan ini bisa dibantu dengan pengkonsumsian buah-buahan yang kaya air.

  • Atasi susah BAB anak dengan jus homemade

Tidak jarang jika orangtua senewen ketika mengetahui si kecil tidak suka makan buah. Sebab selain kaya nutrisi, buah juga kandung air dan serat yang bisa melancarkan BAB anak. Nah, solusinya adalah dengan membuatkan jus buah kesukaan anak Anda. Tapi, ada baiknya jika jus homemade adalah jus yang sehat dan tidak diberi tambahan gula, krimer, ataupun tambahan lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa tips atasi susah BAB anak. Tentunya, Anda tidak akan membiarkan masalah pencernaan ini mengganggu pertumbuhan anak, bukan? Karena itulah penanganan yang tepat akan membantu si kecil kembali ceria seperti biasanya.