Toleransi Risiko dan Tujuan Investasi Reksadana

0
62

Langkah pertama dalam menentukan kesesuaian produk investasi adalah menilai  toleransi risiko . Ini adalah kemampuan dan keinginan untuk mengambil risiko sebagai imbalan atas kemungkinan pengembalian yang lebih tinggi. Meskipun reksadana sering dianggap sebagai salah satu investasi yang lebih aman di pasar, reksadana jenis tertentu tidak cocok untuk mereka yang tujuan utamanya adalah menghindari kerugian dengan segala cara. 

Dana saham agresif, misalnya, tidak cocok untuk investor dengan toleransi risiko sangat rendah. Demikian pula, beberapa dana obligasi hasil tinggi juga mungkin terlalu berisiko jika mereka berinvestasi dalam obligasi berperingkat rendah atau sampah untuk menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi.

investasi Reksadana
investasi Reksadana

Sasaran investasi Reksadana spesifik Anda adalah pertimbangan terpenting berikutnya ketika menilai kesesuaian reksa dana KlikMAMI, membuat beberapa reksa dana lebih sesuai daripada yang lain.

Jika tujuan utama seorang investor adalah untuk menghasilkan pengembalian besar, ia kemungkinan bersedia mengambil risiko lebih besar. Dalam hal ini, saham hasil tinggi dan dana obligasi bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Meskipun potensi kerugiannya lebih besar, dana ini memiliki manajer profesional yang lebih besar kemungkinannya daripada investor ritel rata-rata untuk menghasilkan laba besar dengan membeli dan menjual saham mutakhir dan sekuritas utang berisiko. 

Bagaimana Toleransi Risiko dan Tujuan Investasi Reksadana?

Investor yang ingin secara agresif menumbuhkan kekayaan mereka tidak cocok dengan dana pasar uang dan produk-produk lain yang sangat stabil karena tingkat pengembaliannya seringkali tidak jauh lebih besar daripada inflasi.

Reksadana menghasilkan dua jenis pendapatan: capital gain dan dividen . Meskipun setiap laba bersih yang dihasilkan oleh dana harus diteruskan ke pemegang saham setidaknya sekali setahun, frekuensi dimana berbagai dana membuat distribusi sangat bervariasi.

Jika Anda ingin menumbuhkan kekayaannya dalam jangka panjang dan tidak peduli dengan menghasilkan pendapatan langsung, dana yang berfokus pada pertumbuhan stok dan menggunakan strategi beli dan tahan adalah yang terbaik karena mereka umumnya mengeluarkan biaya yang lebih rendah dan memiliki pajak yang lebih rendah dampak dari jenis dana lainnya.

Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakan investasi reksadana KlikMAMI untuk menciptakan pendapatan reguler, dana yang dibagikan dividen adalah pilihan yang sangat baik. Dana ini berinvestasi dalam berbagai saham yang mengandung dividen dan obligasi berbunga dan membayar dividen setidaknya setiap tahun tetapi sering triwulanan atau semi-tahunan. Meskipun dana saham-besar lebih berisiko, jenis-jenis dana seimbang ini datang dalam berbagai rasio stok terhadap obligasi.