Pot Bunga Buatan Sendiri Dari Handuk dan Semen

0
63
Pot bunga buatan sendiri
Pot bunga buatan sendiri

Barang yang sudah bekas telah menumpuk dan kamu sedang bingung ingin membuat suatu hal dari barang bekas tersebut? Lebih baik memanfaatkan barang bekas itu dengan membuat pot bunga buatan sendiri.

Pot bunga buatan sendiri akan membuat kepuasan tersendiri bagi kita sebab kita akan bisa mendesain atau menentukan model yang cocok dengan selera kita. Bila di rumah kamu tersedia banyak sekali handuk yang sudah bekas lebih baik kamu manfaatkan handuk tersebut dengan menjadikannya sebagai pot yang cantik untuk hiasan rumah kamu.

Pot bunga buatan sendiri
Pot bunga buatan sendiri

Langkah pot bunga buatan sendiri memakai handuk

1.       Menyiapkan campuran semen

Pakai sarung tangan dari karet saat memulai membuat campuran semen. Masukkan sebanyak dua cangkir semen pada wadah atau bisa disesuaikan dengan selera kemudian campur dengan 1 cangkir air. Sebetulnya ukuran pencampuran ini dapat kamu sesuaikan dengan selera kamu tetapi tetap memakai perbandingan 2:1. Lalu tambah adonan semen itu dengan sedikit pasir kasar aduk hingga rata. Pakai semen tiga roda yang sudah terjamin kekuatannya agar pot bunga kamu bisa tahan lebih lama.

2.       Memasukkan handuk ke dalam campuran semen

Basahi handuk dengan memakai air supaya adonan semen betul-betul bisa terserap dengan baik. Lalu kamu lubangi handuk tersebut untuk menjadi jalan pembuangan air ketika pot sudah jadi nanti. Masukkan handuk tersebut ke dalam adonan semen sampai seluruh permukaannya telah tertutup dengan sempurna. Pastinya menggunakan semen yang bagus, seperti merk Semen Tiga Roda. Karena Tiga Roda mempunyai daya tahan semen yang kuat, cocok dijadikan pot bunga.

3.       Bentuk handuk sesuai selera kamu

Ambil handuk yang ada di dalam adonan semen lalu jangan memeras semen yang terserap di handuk. Kemudian balik posisi pot kemudian letakkan handuk di atasnya. Kemudian kamu bisa mengatur bentuk atau model sesuai dengan selera kamu.

4.       Tunggu sampai kering

Usai langkah di atas kamu tinggal menunggu proses pengeringannya kurang lebih semalam. Jika hujan telah terjadi di daerah kamu sebaiknya kamu keringkan pot bunga buatan kamu itu di dalam rumah. Jangan biarkan hujan bisa membasahi pot bunga tersebut.

5.       Percantik pot kamu

Usai berhasil kering lepaskan handuk yang terlapisi dengan semen itu dari pot. Jika ingin pot bunga kamu lebih cantik sebaiknya dilapisi dengan cat. Pakai cat akrilik dengan mengkombinasikan warna yang cantik dan bisa membuat pot kamu lebih terlihat menarik. Misal memadukan warna merah, kuning, biru serta warna-warna pastel bisa menjadi pilihan. Dengan begitu pot bunga buatan kamu akan tampak lebih cantik dan bisa kamu pakai sebagai hiasan rumah kamu.