Mengungkap Makna Dibalik Perhiasan Nusantara

0
237
Perhiasan nusantara
Perhiasan nusantara

Indonesia sebagai sebuah negara memiliki kekayaan yang sangat beragam. Terutama kekayaan alamnya yang terbentang dari Sabang hingga merauke. Keindahan serta keunikan alam Indonesia ternyata mampu menginspirasi seorang desainer kenamaan bernama Samuel Wattimena yang melalui ide-ide kreatif nya mampu menghadirkan beragam perhiasan nusantara.

Perhiasan nusantara adalah berbagai macam perhiasan mulai dari kalung, cincin, dan semacamnya yang dibuat dengan motif-motif bernuansa khas Indonesia yang unik. Samuel bersama sebuah retail bernama The Palace Jeweler berusaha memperkenalkan Indonesia dalam bentuk perhiasan yang menarik untuk digunakan oleh banyak orang. Terutama oleh para kaum wanita.

Menggunakan nama “Nusantara” ternyata membuat perhiasan yang dihasilkan oleh orang-orang hebat ini memiliki makna tersendiri. Nusa diartikan sebagai Barat, Anta berarti Tengah, dan Tara artinya Timur. Di mana ketiganya memiliki desain atau ornamen yang berbeda-beda, namun tetap selaras ketika digunakan.

Perhiasan nusantara
                                                                      Perhiasan nusantara

Jika dilihat lebih jauh, ketiga jenis perhiasan nusantara ini memiliki bentuk serta motif yang mengandung makna pada masing-masing bentuknya. Misalnya saja pada seri Nusa, bentuk oval yang dimilikinya disebut terinspirasi dari masyarakat yang berasal dari peranakan pedagang Tiongkok dan Sumatera. Dibuat dalam bentuk kalung, cincin dan anting. Dulunya model Nusa ini lebih banyak digunakan oleh para raja dan ratu.

Berbeda dengan Nusa, seri Anta memiliki ciri khas tersendiri, yakni bentuk siluet dari masyarakat Nusa Tenggara Timur. Seri Anta sendiri dibuat dalam bentuk gelang emas berlapis enam dengan paduan berlian pada bagian tertentu.

Sementara itu seri Tara merupakan perhiasan nusantara yang bisa dibilang mewakili masyarakat yang berada di Indonesia Timur, khususnya masyarakat yang berada di Timor dan Maluku Tenggara. Hampir sama dengan seri Anta, Tara juga menggunakan bentuk siluet yang tampak seperti matahari.

Ketiga bentuk perhiasan nusantara yang sangat sarat dengan keunikan dan kekayaan Indonesia ini tentu saja akan memberikan kesan tersendiri ketika digunakan. Apalagi ini menggambarkan negeri kita sendiri. Kita bisa memperkenalkan nya sebagai fashion model terbaru yang tidak kalah dengan fashion lainnya yang tengah ramai digunakan.