Kesalahan Pemula Melakukan Search Engine Optimization

0
725
Kesalahan Pemula Melakukan Search Engine Optimization

Bagi para pemula, teknik Search Engine Optimization adalah cara promosi website yang sekilas terlihat mudah dilakukan. Padahal, jika Anda semakin mengenal teknik ini, Anda pasti sudah merasakan betapa rumit dan kompleksnya optimasi mesin pencari seperti ini, lebih daripada yang dikira sebelumnya. Tak mengherankan jika banyak pemula yang terjebak dalam melakukannya.

Ada banyak cara di mana pemula SEO melakukan kesalahan. Apa saja itu? Ini dia 7 yang sering diabaikan:

1. Mengabaikan meta description

Jika website Anda hendak dapat terlihat di hasil pencarian, maka sebaiknya hal yang perlu diperhatikan adalah meta description. Meta description diperlukan karena menggambarkan keseluruhan website Anda dapat diketahui oleh user dan robot search engine.

Ketika hasil pencarian ditayangkan, user pastilah membaca deskripsi situs yang ditampilkan. Kalau Anda tidak memasukkan keywords atau deskripsi menarik, siapa yang mau datang?

2. Konten sulit dibaca

Entah karena bahasanya tidak teratur, terlalu banyak formatting (bold, underline, italic), dan lain sebagainya. Ini juga dapat dianggap mempengaruhi kenaikan ranking. Padahal, ini cuma membuat pembaca tidak betah melihat artikel Anda.

3. Spam backlink

Anda tidak membutuhkan ratusan backlink dari situs-situs tak bermutu dan spam. Anda membutuhkan backlink dari situs terpercaya dan mempunyai banyak pengikut.

4. Spam kata kunci

Menyelipkan terlalu banyak kata kunci dalam satu artikel, yang membuat konten semakin sulit dimengerti dan bisa ditandai sebagai spam oleh search engine.

Tetapi kesalahan juga bukan hanya eksklusif dilakukan oleh pemula. Bahkan kadang-kadang mereka yang mengaku veteran dalam teknik ini pun terjebak dalam kesalahan seperti:

5. Tidak memberikan internal link

Tidak ada salahnya menyelipkan satu-dua link yang merujuk ke halaman konten Anda yang lain, selama masih related. Anda tak bisa hanya mengandalkan related post.

6. Website yang berat

Tidak mengoptimalkan website agar lebih cepat loading. Tak ada yang betah menunggu 5 menit untuk loading 1 halaman.

7. Judul menipu

Judul tak sesuai artikel? Ya, hal ini ada diantara blogger atau penulis lainnya melakukannya. Ini adalah teknik yang masih banyak dilakukan bahkan oleh mereka yang veteran.

Masih banyak lagi kesalahan dalam mengaplikasikan Search Engine Optimization yang perlu diperhatikan. Namun semua itu kebanyakan baru akan terlihat jika Anda lebih mendalami teknik ini. Ini jugalah yang menjadi kekurangan banyak blogger dan pebisnis di Indonesia, yaitu kurangnya pengetahuan yang baik dan tidak melanggar aturan. Karena itu, belajarlah lebih dulu sebelum Anda melakukan kesalahan di atas.