Kelebihan Perhiasan Tradisional Khas Nusantara

0
46
perhiasan tradisional
perhiasan tradisional

Meski zaman terus mengalami perkembangan, perhiasan tradisional tetap memiliki nilai dan ciri khas tersendiri. Bentuknya begitu memikat dan menjadi inspirasi model perhiasan masa kini. Indonesia memiliki banyak sekali jenis perhiasan khas dari berbagai belahan nusantara. Setiap daerah memiliki jenis dan desain yang berbeda-beda. Umumnya, perhiasan tersebut digunakan untuk acara-acara penting.

Perhiasan khas nusantara memiliki banyak keunggulan. Berikut akan kami ulas apa saja keunggulan-keunggulannya:

1. Desain yang Unik

Desain perhiasan tradisional sangat unik. Bentuknya berbeda dengan model perhiasan dari luar negeri. Perbedaannya inilah yang harusnya menjadi kebanggaan kita. Karena, kita pun memiliki ciri khas sendiri dalam desain perhiasan.

Bahkan, bentuknya menjadi inspirasi bagi perhiasan kontemporer. Saat ini, ada banyak model perhiasan dengan bentuk dan ukiran khas nusantara.

2. Cocok untuk Acara Formal

Dari dulu hingga saat ini, perhiasan khas nusantara digunakan pada acara-acara tertentu. Mulai dari prosesi pernikahan, hingga acara adat, perhiasan tersebut wajib dikenakan. Jika Anda akan menggelar acara pernikahan dengan konsep tradisional, perhiasan ini wajib dikenakan. Dengan begitu, busana tradisional Anda akan lengkap dan sempurna dengan perhiasan yang pas.

3. Jenis yang Beragam

Setiap daerah memiliki ciri khas perhiasan yang berbeda-beda. Baik nama maupun bentuknya pun berbeda-beda. Meski beberapa di antaranya ada yang serupa. Ini yang menjadi salah satu kekayaan negara kita di mata dunia. Selain itu, keragaman perhiasan ini menjadi ciri khas masing-masing daerah di Indonesia.

4. Sebagai Perhiasan Berharga yang Diwariskan Turun Temurun

Indonesia memiliki banyak perhiasan yang hanya digunakan untuk prosesi acara adat saja. Perhiasan tersebut merupakan barang berharga yang diwariskan secara turun temurun. Hingga saat ini, perhiasan tersebut dilestarikan dan digunakan pada acara-acara sakral saja. Bentuknya pun begitu khas dan unik.

Itulah beberapa keunggulan perhiasan tradisional khas Indonesia yang wajib Anda ketahui. Dengan begitu, Anda akan semakin bangga kepada budaya kita. Saat ini, bentuk dan model perhiasan khas nusantara menjadi inspirasi model perhiasan baru. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk acara-acara informal, maupun santai. Saat ini, ada banyak perhiasan masa kini dengan bentuk dan model tradisional yang khas.