Inilah 5 Alternatif Material Cincin Pernikahan

0
49
Cincin Pernikahan
Cincin Pernikahan

Memberikan cincin kepada pasangan pada saat menikah bukan suatu kewajiban. Namun, hal ini sudah menjadi tradisi yang akan terasa kurang jika tidak dilakukan. Pemberian cincin terhadap pasangan ini berfungsi sebagai simbol bahwa seseorang tersebut sudah ada yang memiliki.

Dengan demikian, hal ini pun akan mencegah orang-orang agar tidak mendekati pasangan Anda. Umumnya, cincin pernikahan terbuat dari emas kuning karena lebih banyak tersedia dipasaran. Jika Anda kurang menyukai emas kuning maka dapat menggunakan cincin dengan material lainnya. 

5 Alternatif Material Cincin Nikah

Cincin Pernikahan
Cincin Pernikahan

Mengingat tidak ada keharusan bahan yang digunakan untuk cincin kawin maka Anda dapat memilih bahan yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, beberapa bahan pembuat cincin nikah juga mempunyai nilai yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Di bawah ini merupakan beberapa jenis logam yang dapat Anda pilih.

Platinum

Platinum merupakan jenis logam mulia yang umum digunakan untuk pembuat perhiasan. Perhiasan yang menggunakan bahan ini harganya jauh lebih mahal karena platinum termasuk susah ditemukan. Logam mulia ini memiliki warna berkilau seperti emas putih namun ia mempunyai struktur yang lebih kuat.

Sifat platinum yang kuat inilah yang membuatnya cocok digunakan untuk mas kawin sehingga tahan lebih lama. Selain itu, bahan ini juga aman dari korosi serta cocok untuk pemilik kulit sensitif karena tidak menimbulkan alergi.

Perak 

Pernikahan memerlukan biaya yang tidak sedikit karena memang banyak yang harus dipersiapkan. Jika Anda memiliki dana terbatas maka dapat menggunakan alternative cincin yang terbuat dari perak. Perhiasaan perak saat ini sudah dilapisi dengan rhodium sehingga membuatnya berkilau lebih lama dan tidak mudah tergores. Penggunaan perhiasan dalam jangka panjang dapat memudarkan kilaunya, namun dan tidak perlu khawatir karena dapat melakukan repolish untuk membuatnya terlihat seperti baru.

Palladium

Salah satu alternatif yang paling banyak diminati untuk menggantikan emas kuning yaitu palladium. Perhiasan yang terbuat dari palladium lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bahan platinum. Logam ini juga mempunyai tampilan berkilau seperti emas putih. 

Karakteristik cincin bahan palladium ini tidak jauh berbeda dengan cincin platinum yaitu cocok untuk mereka yang sensitif dan tidak menyebabkan alergi. Meskipun tidak sekokoh cincin platinum, namun cincin ini juga dapat tahan lama dan tidak mengalami korosi.

Emas Putih

Jika Anda adalah pecinta emas maka dapat menggunakan bahan emas putih yang terlihat lebih kalem dan elegan. Meskipun harga emas putih tidak terlalu murah namun masih bisa dijangkau. Perhiasan yang terbuat dari emas putih pun terlihat begitu mempesona karena kemilaunya. Agar kilau emas putih tersebut tidak cepat memudar pembuat perhiasan melapisinya dengan rhodium seperti juga pada perhiasan perak.

Zirconium Hitam

Bagi Anda yang ingin tampil beda di hari pernikahan maka dapat menggunakan cincin kawin berbahan zirconium. Material ini memiliki warna untuk yaitu hitam pekat sehingga dapat menunjukkan sisi maskulin atau misterius. Menariknya, cincin berbahan zirconium juga tahan lama karena tidak mudah berkarat dan kuat terhadap goresan.

Mondial Jeweler

Mondial Jeweler adalah toko perhiasan menyediakan berbagai macam perhiasan dengan berbagai material. Anda dapat mencari perhiasan untuk pernikahan, perhiasan sehari-hari hingga perhiasan untuk acara-acara tertentu. Selain itu, Anda juga memilih material seperti platinum, emas putih, emas kuning dll.

Gambar di atas adalah salah satu inspirasi cincin pernikahan dari material emas putih. Desain tersebut seperti puzzle sehingga jika digabungkan akan menyatu membentuk lambang hati. Cincin ini juga percantik dengan aksen berlian tunggal berukuran kecil.