4 Keuntungan Memanfaatkan Bunga Deposito Tetap

0
83
bunga deposito
bunga deposito

Deposito tetap adalah instrumen keuangan yang membayar suku bunga tetap sampai tanggal jatuh tempo tertentu. Deposito tetap memberi investor tingkat bunga deposito yang lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa dan juga memiliki banyak keuntungan lain yang menjadikannya pilihan investasi yang lebih disukai. Di sini kita melihat beberapa keuntungan memiliki rekening deposito tetap.

Jika Anda baru mengenal investasi, mulailah dengan membuka rekening deposito tetap. Anda dapat mengunjungi bank yang terkenal seperti Bank Sinarmas atau langsung login dari internet banking Anda atau melalui aplikasi Simobi Plus dari Bank Sinarmas. Dan mendapatkan jumlah tertentu secara tetap untuk jangka waktu tertentu yang ada di rekening Anda sendiri. Deposito tetap adalah instrumen pertama yang membantu Anda menciptakan kebiasaan menabung.

bunga deposito
bunga deposito

1. Pengembalian yang Terjamin

Investasi dalam deposito tetap memberi Anda keuntungan yang pasti. Pengembalian umumnya melebihi dan dengan tingkat pengembalian di atas nilai bunga yang ditawarkan oleh rekening bank tabungan. Namun, pengembalian bervariasi sesuai masa investasi.

Saat ini, bank menawarkan pengembalian mulai dari 5% hingga 7% sesuai tenor yang Anda pilih. Khusus di bank Sinarmas Anda akan menerima bunga deposito yang kompetitif yaitu hingga 5.7%. Pastikan Anda tidak merusak Deposito tetap di antaranya karena dapat mempengaruhi jumlah pengembalian yang Anda dapatkan karena penarikan prematur.

2. Memberikan Fleksibilitas

Deposito tetap memberi Anda fleksibilitas untuk mengatur uang Anda selama periode waktu tertentu. Ya, deposito berjangka memiliki jumlah durasi tenor yang berkisar dari 30 hari atau 1 bulan hingga 3 tahun atau 36 bulan. Namun, setiap bank memiliki kriteria kepemilikannya masing-masing, tetapi Anda dapat memilih Deposito tetap di bank mana pun, baik Anda memegang rekening bank atau tidak. Pilih yang paling cocok untuk Anda, selain masuk ke dalam perangkap penarikan prematur.

3. Instrumen Pengelolaan Risiko

Beberapa instrumen dapat memberi Anda pengembalian yang lebih tinggi tetapi bersifat volatile, seperti reksa dana, ETF emas, ULIP, dll. Oleh karena itu, berinvestasi dalam instrumen utang untuk menyesuaikan risiko pasar menjadi penting. Deposito tetap adalah yang terbaik dalam mengelola risiko semacam itu ketika Anda merencanakan tujuan keuangan jangka panjang dalam hidup Anda.

4. Membantu dalam Krisis Kewajiban

Kadang-kadang kewajiban muncul karena ketidakpastian dan Anda mungkin merasa mendesak untuk memiliki uang tunai pada saat itu. Dalam kondisi seperti itu, Anda dapat mengambil pinjaman dari deposito Anda. Tidak ada aturan penawaran persentase oleh bank. Namun, bank kebanyakan memberikan pinjaman mulai dari 60% hingga 90% dari deposito. Bank bahkan dapat memberikan jumlah yang lebih tinggi, tetapi bunga yang dibebankan lebih tinggi dalam kasus-kasus tersebut.

Kenapa Deposito di Bank Sinarmas?

Saat ini memang berbagai lembaga keuangan atau bank menyediakan investasi dalam bentuk deposito. Salah satu bank terbaik yang ada di Indonesia adalah Bank Sinarmas. Berikut ini adalah 4 alasan utama mengapa Anda harus mengambil Deposito Online dari Bank Sinarmas:

  1. Efisien dan efektif, Anda bisa membuka rekening melalui Internet Banking dan juga SimobiPlus, tanpa Anda harus ke kantor cabang Bank Sinarmas.
  2. Pembuatan rekening di Bank Sinarmas relatif lebih praktis dan mudah, Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja karena Anda bisa melakukannya secara online.
  3. Deposito di Bank Sinarmas menawarkan suku bunga deposito yang kompetitif yaitu 5,75%.
  4. Jumlah nominal untuk bisa mengambil deposito di Bank Sinarmas cukup mulai dari 500 ribu rupiah.