Alasan Anda Perlu Cuci Springbed Rutin dan Langkah Memulainya!

cuci springbed

Jika Anda ingin bisa tidur dengan nyenyak, maka tempat untuk Anda tidur haruslah juga bisa menunjang kegiatan Anda tersebut. Bayangkan saja jika Anda tidur di tempat tidur yang bau, lembab, maupun berdebu, tentunya Anda tak akan bisa tidur dengan tenang, bukan?

Makanya, menjaga kebersihan springbed, yang merupakan bagian utama dari tempat tidur Anda sangatlah penting. Jika saatnya sudah tiba, Anda harus cuci springbed Anda tersebut.

Seperti juga perabotan Anda yang lainnya di rumah, springbed Anda pun juga harus dibersihkan dengan rutin. Kenapa? Ini sebabnya:

  • Setiap hari, sel-sel kulit mati dari tubuh Anda bisa mengelupas dan menumpuk di kasur Anda. Sel-sel kulit ini cukup kecil dan bisa menumpuk sampai banyak, mengurangi kenyamanan tidur.
  • Keringat, minyak dari tubuh, dan udara yang basah juga bisa membuat kasur cepat lembab. Ini bisa mengakibatkan kasur menjadi hitam dan lembab, sekaligus sebagai tempat tumbuhnya bakteri.
  • Kalau kasur Anda tak dibersihkan teratur, maka jangan heran jika ada tungau yang bersarang di tempat tidur. Binatang ini sangat kecil, namun bisa membuat Anda gatal-gatal.
  • Jika Anda memiliki hewan peliharaan, bisa jadi bulu mereka juga ikut jatuh di atas kasur, membuat Anda bersin-bersin.

Anda tentunya tak mau tidur dengan kondisi kasur seperti di atas, bukan? Makanya, rajin-rajinlah cuci springbed Anda supaya Anda bisa tidur nyaman tanpa bangun dengan kulit yang merah-merah karena gatal.

Anda setidaknya perlu mencuci kasur Anda setiap beberapa bulan sekali, tergantung dari kondisi rumah, cuaca, dan juga tubuh Anda. Semakin lembab, banyak debu, maupun jika Anda memiliki hewan peliharaan, maka pencucian yang makin sering harus dilakukan.

Cara membersihkan springbed ini sendiri ada beberapa cara, dan tak selalu menggunakan air. Anda bisa melakukannya sendiri kalau ada waktu, tapi juga bisa memanfaatkan jasa untuk pencucian springbed yang sudah profesional seperti Dehygienique kalau tak mau repot. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba membersihkan sendiri sekali-kali. Ini caranya:

  1. Bawa seprei Anda keluar ruangan dan jemur di bawah matahari. Lalu kebaskan selama paling tidak 10-20 menit. Ini akan menyingkirkan segala macam debu dan kotoran yang mungkin ada di kasur. Balik kasur dan lakukan hal yang sama. Biarkan selama paling tidak setengah hari.
  2. Kalau Anda tak bisa membawa kasur Anda keluar ruangan, taburkan baking soda di kasur dan biarkan selama minimal 30 menit sehingga segala bau bisa diserap. Setelah itu, vakum kasur Anda.

Namun cara membersihkan springbed berbeda jika ada noda di atasnya. Anda akan perlu cuci springbed dengan cara berikut:

  1. Siapkan kain microfiber dan semprotan air dingin. Semprotkan air tersebut ke noda dan tepuk-tepuk pakai kain. Jangan digosok.
  2. Dari sini, Anda bisa memilih untuk menggunakan beberapa campuran agar bisa membersihkan kasur. Jika noda nya noda biasa, pakai campuran cuka dan air (1:4) atau larutan sabun cuci piring. Jika ada noda darah, pakai garam dan air.
  3. Setelah selesai, bawa kasur keluar ruangan dan angin-angin kan di bawah sinar matahari.

Tak mau repot melakukan proses cuci springbed tersebut? Hal ini bisa dimaklumi lantaran kesibukan Anda yang bermacam-macam, dan proses pencucian kasur ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika tak ada waktu, Anda lebih baik menghubungi jasa pencucian kasur profesional. Dehygienique bisa menjadi pilihan Anda untuk jasa kebersihan, yang akan membuat kasur Anda tampak baru kembali.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *