Pembagian Waktu Sholat di Indonesia

0
56
jadwal sholat Jakarta
jadwal sholat Jakarta

Shalat tepat pada waktunya adalah hal yang harus dilakukan oleh umat Islam ketika beribadah. Sebagai ibukota Negara Indonesia, Jakarta sering dijadikan pusat segala waktu untuk daerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu jadwal sholat Jakarta sering dipakai acuan dan yang sering keluar di layar televisi. Marhaban ya ramadhan. Bulan yang penuh ampunan, bulan yang selalu ditunggu oleh seluruh umat Islam. Karena pada bulan ini seluruh pahala dilipatgandakan, maka salah satu amalan utama yang harus dilakukan adalah shalat tepat pada waktunya.

Maka jadwal sholat Jakarta bisa dijadikan acuan. Jika berada di daerah selain Jakarta, bisa menambahkan beberapa jam sesuai dengan pembagian waktu di Indonesia. Pembagian waktu Indonesia dibagi menjadi tiga bagian. Pembagian ini diperlukan untuk membantu agar tidak terjadi tabrakan waktu. Apa saja pembagian waktu tersebut? Berikut bagian dan daerah-daerah yang termasuk di dalamnya.

  1. Waktu Indonesia Barat

Waktu Indonesia bagian barat atau disingkat WIB terletak di antara bentangan garis 105 derajat bujur timur. Adapun daerah yang termasuk waktu Indonesia bagian barat adalah seluruh Pulau Sumatera, Jawa, sebagian Kalimantan, dan Madura. Sedangkan provinsi yang termasuk adalah seluruh provinsi yang ada di Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

  1. Waktu Indonesia Tengah.

Waktu Indonesia bagian tengah atau disingkat WITA berada pada bentangan titik 120 derajat bujur timur. Daerah WITA mempunyai selisih lebih lama satu jam dari daerah WIB. Provinsi yang termasuk dalam daerah waktu ini adalah Bali, Kalimantan Utara, Timur, dan Selatan, Nusa Tenggara Barat serta Nusa Tenggara Timur.

  1. Waktu Indonesia Timur

Untuk waktu Indonesia bagian Timur atau disingkat WIT terletak pada bentangan garis 135 derajat bujur timur. Daerah yang termasuk waktu Indonesia Timur adalah Pulau Maluku dan Papua. Daerah WIT mempunyai selisih dua jam lebih lama dari WIB. Sedangkan dengan WITA hanya satu jam saja.

Itulah tiga pembagian waktu di Negara Indonesia. Pembagian waktu Indonesia sangatlah istimewa. Kenapa bisa begitu? Jika di daerah WIB pukul delapan maka di daerah WITA pukul sembilan, sedangkan daerah WIT pukul sepuluh. Ada jarak satu jam di setiap daerah dengan daerah lain. Sedangkan letak ibukota Jakarta berada di bagian waktu barat atau WIB.

Pembagian waktu di Indonesia terjadi karena perbedaan garis bujur di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu terjadi perbedaan waktu, bukan hanya di Indonesia tapi seluruh dunia. Setiap lima belas derajat terjadi perbedaan jam. Oleh karena itu pembagian waktu di Indonesia diperlukan. Untuk waktu shalat di Indonesia biasanya memakai pergerakan matahari. Jaman dahulu sebelum umat Islam menemukan hisab atau perhitungan. Waktu shalat ditentukan oleh pengamatan berdasarkan gejala alam dengan melihat langsung arah matahari.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan pelbagai kemudahan terus dibuat untuk membuat lebih praktis dalam segala hal termasuk waktu ibadah khususnya shalat fardhu. Karena jadwal sholat Jakarta menjadi acuan di seluruh Indonesia. Maka daerah lain bisa menambahkan sendiri sesuai tempat tinggal masing-masing. Oleh karena itu, jadwal ini bisa membantu umat Islam di seluruh Indonesia terutama shalat fardhu tepat waktu. Selamat beribadah.