Simak Cara Klaim Asuransi Berikut Ini

0
36
klaim asuransi
klaim asuransi

Cara Klaim Asuransi – Memiliki asuransi mobil tentunya menjadi salah satu keuntungan yang sangat berguna bagi Anda, sebagai bentuk perlindungan atas segala resiko kerugian yang bisa menimpa kapan saja dan dimana saja. Resiko kerugian yang dimaksud adalah seperti kerusakan akibat kecelakaan mobil ataupun kehilangan mobil di tempat umum. Nah bila kejadian yang tak diharapkan itu terjadi menimpa Anda, maka segala resiko kerugian tersebut bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi mobil yang telah Anda tunjuk sebelumnya.

Namun, untuk menjadi sebagai catatan kecil, untuk mendapatkan perlindungan atas asuransi mobil ini tentunya Anda harus mengetahui tentang bagaimana prosedur untuk klaim asuransi yang benar, karena hal ini tentu akan mempengaruhi akan berhasil atau tidaknya suatu asuransi yang akan Anda ajukan nantinya.

Bagaimana Cara Melakukan Klaim Asuransi?

Dan berbagai prosedur penting yang perlu Anda ketahui dalam melakukan klaim asuransi mobil yang benar, adalah bisa dijelaskan sebagai berikut :

  1. Saat tengah menghadapi situasi kecelakaan, maka diusahakan terlebih dahulu untuk tidak meninggalkan tkp dan langsung memfoto berbagai kerusakan yang terjadi pada seluruh badan kendaraan. Hal ini menjadi sangat penting dilakukan terutama bila kerusakan yang dialami mobil itu tergolong dalam kategori kerusakan yang sangat berat. Adanya foto ini bisa dijadikan bukti kuat untuk mengklaim asuransi dengan lebih mudah
  2. Setelah itu, barulah Anda baru bisa menghubungi pihak asuransi untuk melakukan klaim asuransi terhadap mobil Anda. Tapi sebelumnya, Anda juga harus menyiapkan berbagai dokumen pendukung lainnya sebelum mengajuan klaim, agar tidak mengalami penolakan. Dan berbagai dokumen-dokumen pendukung yang dimaksud ini adalah seperti  surat polis asuransi, SIM, KTP dan juga surat keterangan dari kepolisian bila kendaraan mengalami kerusakan yang begitu parah atau menjadi tindak kejahatan kriminal.
  3. Setelah berbagai dokumen pendukung tadi sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah membawa mobil Anda yang mengalami kerusakan tadi ke bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Jangan pernah membawa mobil yang rusak tadi ke bengkel langganan Anda atapun bengkel pribadi, karena hal ini tentu akan membuat klaim asuransi mobil Anda bisa ditolak saat itu juga.
  4. Dan, prosedur terakhir dalam mengajukan klaim asuransi ini yaitu, Anda harus mengisi formulir yang akan diberikan oleh pihak asuransi dan harus diisi dengan secara jelas dan mendetail. Seperti yang dimana didalamnya Anda harus menuliskan kronologi tentang bagaimana kecelakan itu bisa terjadi, jam berapa waktu saat terjadi kecelakaan dan dimana tempat berlangsungnya insiden kecelakaan tersebut. Namun perlu menjadi perhatian tersendiri bagi Anda, bahwa Anda harus mengisi formulir tersebut secara jujur dan apa adanya. Karena bila ditemukan adanya kecurangan ataupun kebohongan dari apa yang Anda tulis dalam formulir tadi, sudah tentu klaim asuransi yang akan Anda ajukan itu, kemungkinan untuk ditolaknya sudah tentu bisa saja terjadi. Maka kuncinya adalah tulis secara apa adanya dan tanpa ada campuran dramatisasi yang tidak perlu.
klaim asuransi
klaim asuransi

Agar membuat proses dalam klaim asuransi mobil ini lebih mudah, ada baiknya juga dengan memulainya dengan memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat. Dan untuk memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat itu sendiri, harus diperhatikan hal-hal seperti berikut :

  1. Terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Pastikan perusahaan asuransi tersebut memilki reputasi yang baik.
  3. Pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah dikenal secara luas dan sudah berpengalaman.
  4. Pilih perusahaan asuransi yang menawarkan cara pembelian polis yang mudah dengan metode pembayaran yang aman dan nyaman.
  5. Pastikan perusahaan asuransi tersebut memberikan e-policy kepada para nasabahnya.

Nah, demikian ulasan tentang cara mengklaim asuransi mobil yang benar yang bisa kami berikan. Semoga Anda tidak salah langkah dalam melakukan klaim asuransi ini. Be a smart customer, from right now.