Kenali Cara Mencuci Sleeping Bag yang Tepat dan Benar

cara mencuci sleeping bag

Kegiatan mendaki gunung bisa jadi suatu hal yang menyenangkan dan penuh tantangan. Akan tetapi ketika anda memutuskan untuk melakukan kegiatan yang menguji adrenalin ini, banyak hal yang perlu anda pertimbangkan dan persiapkan dahulu supaya kegiatan berbasiskan alam tersebut aman dan tidak membahayakan keselamatan anda. Kesehatan fisik menjadi faktor utama yang penting untuk dipenuhi oleh setiap para pendaki dan menjadi kekuatan utama untuk melakukan kegiatan penuh petualangan tersebut. Selain itu berbagai macam peralatan penunjang kegiatan climbing mesti dipersiapkan salah satu diantaranya ialah sleeping bag atau kantung tidur. Kantung tidur menjadi alat penting dalam kegiatan pendakian gunung yang berfungsi sebagai selimut atau pelindung tubuh dari dinginnya suhu di pegunungan. Begitu pentingnya perlengkapan pendakian ini harus menjadi perhatian bagi setiap para pendaki untuk merawatnya dengan baik mulai dari penyimpannya yang tepat sampai cara mencuci sleeping bag tersebut dengan teknik yang benar dimana semua ini bertujuan demi keawetan dan umur panjang masa pakainya.

Sleeping bag berperan sangat penting agar badan tetap merasa hangat saat harus bermalam dengan kondisi dan suasana di pegunungan yang pastinya relatif bersuhu dingin. Jika tubuh tetap terasa hangat saat menggunakan kantung tidur ini maka waktu beristirahat para pendaki pun akan terasa lebih nyaman dan nyenyak meskipun tengah berada di alam bebas. Namun suka terdapat satu masalah yang timbul jika sleeping bag ini sudah sering digunakan, yaitu akan terciumnya aroma bau tidak sedap dari kantung tidur tersebut. Jika sudah begini tentunya para pendaki akan kurang merasa nyaman saat menggunakannya dan hal ini harus cepat diatasi. Bagi mereka yang memiliki uang berlebih tak masalah jika mereka tidak menggunakannya kembali dan lebih memilih untuk membeli sleeping bag yang baru daripada harus mencucinya. Namun kondisi tersebut tentu berbeda bagi mereka para pendaki yang memiliki dana pas-pasan, mencucinya tentu menjadi pilihan paling tepat yang harus mereka lakukan supaya bau tidak sedap dari sleeping bag tersebut dapat hilang dan ternetralisir.

Mencuci alat perlengkapan pendakian ini terdapat tekniknya sendiri yang harus diperhatikan karena material bahan sleeping bag ini berbeda dari bahan selimut pada umumnya. Cara mencuci sleeping bag yang tepat dan benar tersebut adalah :

  1. Gunakan wadah yang cukup untuk mencuci sleeping bag misalnya saja seperti baskom. Jika langsung di cuci di bathtub pun tidak masalah asalkan ruangnya cukup. Setelah itu rendam sleeping bag tersebut bisa dengan air hangat ataupun air dingin asalkan jangan mencucinya dengan menggunakan detergent. Sebagai pengganti detergent, sabun pembersih yang baik untuk sleeping bag ialah mild soap, sabun bayi ataupun shampoo.
  2. Waktu perendaman yang dianjurkan sekitar 20-30 menit dan pastikan bagian sleeping bag terendam semua.
  3. Untuk membersihkan nodanya kucek saja secara perlahan dan lembut dengan tangan. Anda dapat menggunakan sikat untuk membersihkan noda membandel asalkan tetap dilakukan dengan lembut dan hati-hati supaya tidak merusak material tahan airnya.
  4. Bilas dengan cara yang biasa agar busa sabunnya hilang dengan air bersih.
  5. Sangat tidak dianjurkan untuk diperas dipelintir saat akan membuang air bilasannya, cukup saja diremas biasa atau dengan ditekan.
  6. Jangan menjemurnya di bawah terik matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja dengan cara digantung menggunakan hanger.

itulah cara mencuci kantung tidur atau sleeping bag yang tepat dan benar. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *