Metal Detector Adalah: Pengertian, Fungsinya

Metal Detector Adalah

Sebagian orang mengenal Metal Detector Adalah sebuah alat untuk mendeteksi adanya logam yang terdapat pada suatu tempat, produk industry hingga makanan, sebagian besar khususnya di perkotaan metal detector digunakan untuk membantu menjaga keamanan, seperti yang terdapat pada pesta, pintu masuk pesawat hingga keamanan acara-acara besar seperti acara kepresidenan untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi.

Selain menjadi fungsi keamanan ada juga yang digunakan untuk mendeteksi logam atau emas, seperti pendeteksi logam yang digunakan pada pasir pantai untuk meminimalisir kecelakaan pengunjung pantai, sehingga dimanfaatkan untuk sekedar hobi seperti mencari logam kuno atau emas pada suatu tempat bersejarah.

Pada ulasan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam tentang metal detector, dari pengertian metal detector hingga fungsi umum yang biasa dipakai oleh sebagian orang, silahkan simak ulasan berikut:

Pengertian Metal Detector

Metal Detector Adalah adalah alat yang sengaja dibuat untuk mendeteksi keberadaan logam di dalam tanah atau benda dengan menggunakan gelombang elektronik yang ditransmisikan menjadi sebuah data manual seperti tingkat frekuensi atau data digital yang berupa suara gambar yang ditampilkan lewat LCD yang terdapat pada detektor. Alat metal detector biasanya terdiri dari dari alat penyapu tanah dengan pendeteksi logam secara luas dan unit genggam yang berfungsi untuk pencarian lebih khusus yang memiliki gelombang jarak pendek.

Metal Detector Adalah

Fungsi Metal Detector

Fungsi metal detector tidak lain adalah alat untuk mendeteksi adanya material logam yang terdapat pada tempat, barang hingga tubuh manusia. Banyak diantara fungsi metal detector digunakan untuk kepentingan keamanan hingga sekedar kepentingan hobi untuk mencari logam di berbagai tempat yang nantinya akan dikoleksi atau di jual sebagai tambahan penghasilan bagi mereka, selain itu masih banyak kegunaan metal detector, seperti:

–          Keperluan Keamanan

Fungsi metal detector yang satu ini memang tidak asing lagi bagi kita, biasanya hal ini terdapat pada acara-acara besar hingga alat keamanan masuk bandara, dimana hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal buruk tidak diinginkan, seperti meminimalisir pembawaan senjata, baik senjata api ataupun senjata tajam yang dibawa oleh pengunjung yang memang sebagian besar terbuat dari bahan logam.

–          Kepentingan Arkeologi

Seperti kita ketahui, metal detector sangat berperan penting untuk keperluan arkeologi, hal ini guna mendeteksi adanya barang-barang peninggalan prasejarah yang dapat ditemukan dan diulas untuk kepentingan penelitian.

–          Keamanan Industri

Metal detektor juga digunakan dalam kepentingan keamanan produk industri, terutama industri yang sebagian besar menggunakan mesin dalam pembuatannya, seperti produk kosmetik, tekstil, bahan kimia, makanan ringan, minuman, obat-obatan hingga industri pertambangan yang dimana hal ini sangat dijaga ketat pada produk yang dihasilkan agar tidak tercampur dengan logam yang dihasilkan oleh mesin yang rusak saat proses pengolahan berlangsung.

–          Dunia Militer

Sudah jelas metal detector sangat diperlukan dalam dunia militer, biasanya metal detector digunakan untuk teknik pembersihan atau keamanan untuk mendeteksi adanya ranjau atau senjata yang tersisa setelah perang usai, hal ini dilakukan untuk alasan keamanan, baik bagi prajurit militer maupun rakyat sipil.

–          Sebagai Hobi

Saat ini sangat banyak orang beralih hobi sebagai pencari logam, baik logam peninggalan prasejarah maupun logam mulia seperti emas dan perak yang dilakukan ditempat-tempat tertentu yang mereka anggap terdapat barang yang mereka cari.

Nah itu dia pengertian dan fungsi metal detector yang dapat kami ulas untuk wawasan yang memberi bukti bahwa Metal Detector Adalah suatu alat pendeteksi logam yang memiliki banyak fungsi. Untuk mendapatkan alat pendeteksi logam yang satu ini Anda bisa langsung mendapatkannya di Minelab. 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *