Kegiatan Pendidikan di Rumah Pada Usia Toddler

0
168
usia toddler

Memasuki fase usia toddler, tentunya ada banyak sekali aktivitas yang bisa bunda lakukan bersama si kecil. Yang mana bentuk aktivitas ini, selain bisa mendekatkan emosional dengan si kecil, sejatinya juga bisa menjadi media pendidikan si kecil saat di rumah. 

Berikut aktivitas untuk usia toddler yang bisa bunda lakukan di rumah dengan si kecil.  

usia toddler
Usia toddler
  • Mengenalkan huruf dan angka

Bunda pasti tidak asing lagi dengan magnet kulkas yang berbentuk huruf dan juga angka. Nah dengan magnet kulkas yang berbentuk huruf dan angka ini, selain bisa menjadi hiasan untuk pintu kulkas, sejatinya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran si kecil dalam pengenalan huruf dan angka. Tidak perlu terburu-buru, bunda bisa mulai mengenalkan 5 huruf atau angka setiap hari kepada si kecil. Buat si kecil merasa terbiasa dengan kelima huruf atau angka tersebut, lalu minta kepada si kecil untuk menebak huruf atau angka apa yang bunda tunjuk. Untuk cara yang lebih menyenangkan, bunda bisa juga mulai mengenalkan cara mengeja nama si kecil sedari dini dengan media pembelajaran magnet kulkas ini. Cukup menarik bukan?

  • Membiarkan si kecil bermain play dough

Play dough merupakan salah satu bentuk mainan modern dari mainan tanah liat. Dan tahukah bunda, bahwa dengan sering membiarkan bermain play dough, sejatinya akan membuat daya imajinasi serta daya kreativitasnya menjadi lebih baik. Selain itu, bermain permainan play dough ini juga dapat melatih otot tangan si kecil, dengan cara membentuk dan meremas play dough. Dengan demikian, dampak positif dari hasil permainan play dough ini adalah kemampuan motorik halus si kecil ini akan mulai terbiasa dan berguna untuk memulai aktivitas menulis dan juga mewarnai. 

  • Mengenalkan warna dan apa yang ada di sekitar si kecil

Untuk memaksimalkan fungsi otak si kecil di usia toddler, maka bunda bisa lakukan dengan cara sering mengajaknya berkomunikasi. Lebih spesifiknya lagi, bunda bisa mulai bertanya mengenai apa saja yang ada di sekitar si kecil. Seperti misalnya, boneka ini warnanya apa? Bola ini bentuknya gimana? Atau bunda juga bisa menanyakan pertanyaan mengenai anggota tubuh si kecil, seperti misalnya hidung mana hidung? Mulut mana mulut? Dan lain sebagainya.