Prospek Kerja Lulusan Kuliah Animasi yang Menggiurkan

0
39
Kuliah Animasi
Kuliah Animasi

Saat ini animasi sudah diaplikasikan pada berbagai bidang. Artinya sudah tidak hanya sekedar untuk hiburan seperti serial maupun film saja. Inilah yang menjadi alasan kenapa kuliah animasi saat ini punya banyak prospek bidang pekerjaan setelah lulus nanti.

Ingin tahu apa saja bidang karier yang prospektif setelah lulus kuliah fakultas animasi? Berikut kami sudah merangkum pekerjaan-pekerjaan apa saja yang cocok setelah lulus di fakultas tersebut.

1.      Terlibat Dalam Pembuatan Film Animasi

Film animasi merupakan salah satu hiburan yang disukai oleh anak-anak hingga kalangan remaja. Seorang lulusan animasi juga berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan di bidang pembuatan film animasi.

Potensi menjadi bagian di bidang pembuatan film animasi tidak hanya di negara kita saja. Jika Anda punya potensi yang luar biasa, Anda juga bisa menjadi bagian proyek besar pembuatan film animasi bertaraf internasional.

Kuliah Animasi
Kuliah Animasi

2.      Terlibat Dalam Proyek Serial Animasi

Selain film, seorang lulusan fakultas animasi juga berpotensi terlibat dalam pembuatan serial kartun. Seperti yang kita ketahui, saat ini serial kartun animasi tergolong populer dan banyak disukai.

Saat ini juga ada cukup banyak serial animasi karya anak bangsa, beberapa di antaranya seperti Uwa and Friends, Petualangan Si Unyil, dan Nussa. Kualitas serial kartun karya anak bangsa juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena kualitasnya tergolong bagus.

3.      Membangun Channel Animasi di Youtube

Perlu Anda ketahui, channel Youtube bertema animasi banyak sekali disukai. Entah itu serial hiburan maupun yang bentuknya edukasi. Bagi Anda yang punya keahlian di bidang tersebut, Anda bisa membangun channel sendiri.

Meski begitu, Anda tetap harus melibatkan tim saat proses pembuatannya. Silahkan Anda buat sendiri tim untuk membangun channel animasi di Youtube. Atau bisa juga membuatnya sendiri dengan membuat sebuah animasi sederhana namun berisi.

4.      Pembuatan Iklan Suatu Produk Maupun Layanan

Seperti yang kami jelaskan di atas, saat ini animasi sudah banyak diaplikasikan pada berbagai bidang. Salah satunya yaitu bidang periklanan. Iklan berbentuk animasi saat ini banyak disukai. Selain itu, jenis animasi pada iklan pun tergolong sudah cukup beragam dan kreatif.

Anda bisa menawarkan jasa iklan animasi sendiri. Atau bisa juga dengan cara bergabung bersama perusahaan agency periklanan agar mudah mendapatkan pekerjaan atau klien.

5.      Desainer Game

Perkembangan industri game di dunia khususnya di Indonesia sudah tumbuh semakin pesat. Kesempatan ini membuka peluang bagi para lulusan animasi untuk turut menjadi bagian dalam pengembangan sebuah game.

Lulusan animasi memiliki kemampuan untuk mengolah aset pada sebuah game. Aset yang kami maksud yaitu seperti pembuatan karakter, pembuatan aset lingkungan pada game, dan aset-aset lainnya.

6.      Desainer Visual Effect

Bidang animasi juga meliputi keahlian dan pelajaran di bidang visual effect. Tugasnya yaitu membuat sebuah special effect pada film maupun serial. Selain itu, special effect juga kini sudah sering diimplementasikan di dunia industri kreatif lainnya seperti video games, iklan, film, dan lainnya.

Nantinya, desainer visual effect akan bekerjasama dengan lightning, costume designer, hingga set designer, agar bisa memadukan effect yang dibuat agar tampak lebih selaras.

Kesimpulan

Seorang lulusan animasi ternyata tidak hanya dihadapkan pada pilihan kerja yang terbatas. Melalui beberapa pilihan prospek kerja di atas, sedikit banyak kini Anda mengetahui ternyata seorang lulusan fakultas animasi punya banyak peluang kerja.

Demikian informasi seputar prospek kerja seorang lulusan kuliah animasi. Tertarik untuk menjadi seorang animator atau desainer visual effect? Kini Anda bisa langsung kuliah di IDS (International Design School).