Alasan Menerapkan Cara Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Bijak

0
757
Cara Memanfaatkan Kartu Kredit
Cara Memanfaatkan Kartu Kredit

Banyak orang yang tidak begitu tertarik untuk memperhatikan cara memanfaatkan kartu kredit sehingga bermasalah dengan keuangan. Kartu kredit merupakan alat pembayaran secara elektronik yang juga disebut sebagai kartu untuk membuka hutang. Belanja apa saja bisa dilakukan kapan saja dan tagihan yang dibayarkan tepat saat gaji bulanan turun sesuai kesepakatan dengan penerbit kartu tersebut. Meski menyediakan alat pembayaran 24 jam yang tidak kenal batas namun pemakaiannya harus dilakukan sebijak mungkin.

Mengapa harus paham cara memanfaatkan penggunaan kartu kredit? Sebagai kartu pembayaran suatu ketika Kita dikirimkan tagihan, alasan harus bijak dalam menggunakannya adalah:

  1. Tidak terbebani dengan tagihan besar,

Beberapa pemilik kartu kredit sering kaget sendiri dengan jumlah tagihan pemakaian kartu yang dimiliki tersebut. Karena nilai praktis tinggal gesek dan barang dibawa pulang membuat mereka lebih sering belanja berlebihan. Jika tidak mampu mengendalikan aktivitas belanja yang boleh dikatakan terlalu tinggi maka akan beresiko pada keuangan jangka panjang dimana muncul hutang besar di bank.

  1. Tidak bermasalah dengan hutang,

Pemilik kartu kredit juga dihadapkan pada kemungkinan dikejar hutang, sebab muncul dampak dari pemanfaatan yang keluar dari semestinya. Tagihan besar seperti poin sebelumnya meninggalkan kewajiban membayar tagihan tersebut kepada bank atau pencetak kartu Anda. Jika tagihan melebihi penghasilan yang diterima maka muncul kondisi tidak mampu membayar hutang tersebut. Muncul ide untuk membayarnya dengan berhutang di tempat lain, misal kepada saudara atau teman. Namun pada dasarnya muncul masalah baru dimana hutang baru pun mewarnai pengelolaan keuangan Anda.

  1. Bisa mengelola penghasilan dengan baik,

Hidup di dunia tidak akan terasa nikmat dan nyaman jika sekedar untuk belanja dan membayar hutang saja. Sebab sebagai manusia Kita kerap dihadapkan pada suatu masalah yang penyelesaiannya dengan menggelontorkan sejumlah dana. Permasalahan demikian akan lebih mudah diuraikan jika memiliki dana cadangan, bisa dalam bentuk tabungan uang tunai maupun aset berharga lainnya. Maka dengan mengelola cara memanfaatkan kartu kredit secara tepat Kita punya kesempatan untuk menyusun dana tabungan sebagai pegangan.